Selasa, 6 Juli 2010 21:56

WABUP TUTUP DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III

Tanjungpandan---Pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan ke-I bagi CPNS Formasi Umum Tahun 2008 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang berlangsung kurang lebih 20 hari yakni, mulai Kamis, Tanggal 17 Juni di Sanggar Kegiatan Belajar-Perawas, akhirnya ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos pada Senin, Tanggal 7 Juli 2010.

Dalam laporannya Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung, Susilawati, SE mengatakan secara khusus Diklat Prajabatan ini bertujuan untuk membentuk penyelenggara pemerintah dan pembangunan yang berkarakter profesional dan juga dapat membentuk sikap mental yang baik, berperilaku jujur, disiplin dan penuh pengabdian serta memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan tugasnya sebagai staf dalam rangka membantu pimpinan dan atasannya.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam pelaksanaan diklat yang diikuti sebanyak 32 CPNS Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang terdiri dari: CPNS Tenaga Guru sebanyak 17 orang, CPNS Tenaga Kesehatan 3 orang dan CPNS Tenaga Teknis sebanyak 11 orang meliputi materi tentang Dinamika kelompok, Sistem penyelenggara Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Manajemen kepegawaian negara, Pelayanan prima, Budaya kerja organisasi pemerintah, Manajemen perkantoran modern, Membangun kerjasama tim, Komunikasi yang efektif, Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI, Latihan kesegaran jasmani, Tata upacara sipil dan baris berbaris, Ceramah kesehatan mental, serta Ceramah umum Bupati Belitung.

Sementara Wabup dalam sambutannya mengatakan sebagai abdi negara dan masyarakat, kita harus memberikan pelayanan prima pada masyarakat, terlebih sejak beberapa waktu yang lalu Belitung telah mengeluarkan Perda tentang pelayanan publik yang prima ini. Selanjutnya kembali saya ingatkan akan pentingnya integritas, disiplin, loyalitas dan kompetensi diri yang tinggi bagi para PNS, dimanapun dan apapun satuan kerja yang melingkupinya, karena saudara-saudara adalah pelayan publik dan abdi negara yang mesti melayani bukan dilayani, ungkap Sahani.

Selanjutnya salah satu peserta Diklat, Dewi yang merupakan salah satu tenaga guru pelajaran Bahasa Inggris yang bertugas di SMA Negeri 2 Tanjungpandan mengaku lega dan bahagia karena telah mampu melewati rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan diklat dengan lancar. Selama mengikuti diklat ia merasa mendapatkan banyak bekal ilmu pengetahuan dalam lingkup kepemerintahan, khusunya mengenai gambaran Pegawai Negeri Sipil secara keseluruhan.

Sebagian peserta mengaku pelaksanaan kegiatan outbond merupakan sesi yang paling mengesankan dan sangat ditunggu-tunggu, karena pada sesi ini para peserta dituntut untuk bisa menyatu dengan alam, berbaur dan berinteraksi dengan masing-masing anggota tim serta menjaga kekompakan antar tim untuk menjadi juara. Karena untuk menjadi pemenang masing-masing tim dituntut untuk bisa melewati berbagai rintangan dan tantangan yang harus dilewati para peserta. Sesi ini menjadi penguat jalinan silaturahmi antar peserta dalam memupuk kebersamaan dan kekeluargaan. Semoga para peserta Diklat dapat tetap kompak dan solid, meskipun kita harus kembali bertugas di Dinas/Instansi masing-masing, harap Dewi.

Turut hadir dalam acara Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Drs.Zakaria A Rifai, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Helman, SH, Para Kadin, Kakan, Kabag di Lingkungan Pemkab Belitung beserta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung