Jum'at, 9 Juli 2010 09:58

INSINYUR MICROSOFT TERMUDA DI DUNIA

BANGKAPOS.COM, SKOPJE --  Marco Calasan merupakan Bocah jenius asal Macedonia berusia 9 tahun yang memiliki prestasi luar biasa. Di usianya yang terbilang masih belia, ia mampu menjadi insinyur sistem Microsoft termuda di dunia. Bahkan saat ini, ia telah memegang empat sertifikat Microsoft dan menulis buku 312 halaman tentang Microsoft’s Windows 7 yang merupakan perangkat lunak komputer paling terkenal di dunia.

Usia yang muda ternyata tak membuat Calasan menjadi sosok yang tidak sabaran. Ia justru tidak seperti bocah-bocah seusianya yang temperamental. Ia ramah, tenang dan mau menjelaskan kembali istilah-istilah komputer yang rumit.

Profesor Elena Achkovska-Leshkovska dari Institut Psikologi di Skopje, pernah melakukan tes pada Calasan ketika ia berusia tujuh tahun. Ia menemukan jika otak Calasan beroperasi seperti bocah di atas usia 12 tahun, yang memiliki tingkat emosional dan sosial yang tinggi. Sebuah anugerah yang jarang ditemukan pada anak-anak seusianya.

Calasan saat ini bekerja sebagai pengendali sistem administrasi di sebuah lembaga non-profit yang membantu orang-orang cacat. Ia juga mengajar pengetahuan komputer dalam bahasa Inggris menggunakan streaming video. Pada usia enam tahun, Calasan mendapatkan pengakuan sistem administrasi pertamanya dari Microsoft, gelar yang sulit didapat bahkan oleh seorang insinyur komputer yang ahli
.
Kini Calasan juga telah menciptakan program IPTV, yaitu sistem jaringan pengiriman. Ia juga menjelaskan bagaimana ia bisa mengalirkan video kualitas tinggi ke seluruh Macedonia dan menyediakan jasa layanannya. Saat berbicara, kata “Microsoft” selalu muncul dalam setiap kalimatnya, sekaligus menegaskan jika bocah ini terobsesi dengan kreasi Bill Gates, pendiri Microsoft.
Sumber: Bangka Pos