Jum'at, 9 Juli 2010 09:59

KEMENDIKNAS BAKAL BERLAKUKAN GURU KELILING

Jakarta - Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk bisa meratakan pendidikan. Kini, Kemendiknas akan memberlakukan guru keliling. Hal ini seperti diungkapkan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal yang mengatakan bahwa sekolah-sekolah yang bangunannya tidak permanen akan disediakan guru keliling atau disebut dengan guru kunjung. Sehingga bagi para siswa SD, tidak perlu keluar pulau atau desa.

Program guru keliling ini akan dibarengi dengan rehabilitasi sekolah dasar yang mengalami rusak berat."Sekolahnya digabung satu atap dengan SMP. Ini cara-cara kita membuat anak-anak bisa mendapatkan akses," ujarnya, usai menerima menerima peserta Forum Pemimpin Bangsa Muda Nasional 2010 di Gedung Kemendiknas Kamis  (8/7/2010) sore, seperti yang dilansir dari Okezone.com edisi Jum'at, Tanggal 9 Juli 2010.

Ketika ditanya mengenai peran pemerintah daerah pada perbaikan sekolah, Fasli mengatakan bahwa tidak semua pemerintah daerah berperan dalam perbaikan sekolah. Seperti Tangerang, yang melakukan perbaikan dengan APBD tanpa menunggu dana dari pemerintah pusat.

Sementara itu ada juga daerah yang diperbaiki sesuai dengan pembagian anggaran yakni 50 persen  tanggung jawab Pemerintah Pusat, 30 persen  Provinsi dan 20 persen  Kabupaten/Kota.“Tapi ada juga yang tidak melakukan sesuai janji karena tidak ada dana atau dana perbaikan dipakai untuk anggaran lain,” ungkapnya.
Sumber: okezone.com