Jum'at, 9 Juli 2010 10:02

PELANTIKAN PENGURUS ASTRADA BELITUNG DAN BELTIM

Tanjungpandan - - - Pengurus Asosiasi Tambang Rakyat Daerah (Astrada) Belitung dan Belitung Timur (Beltim) periode 2010-2013 resmi dilantik di Fega Cafe Manggar, Kamis lalu (8/7). Pembentukan ini dilatarbelakangi adanya keinginan dari masyarakat untuk dapat berusaha dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari menambang.

Zuristyo Firmadata selaku Ketua Astrada Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam Harian Pagi Pos Belitung edisi Jumat, 9 Juli 2010 mengatakan bahwa masyarakat penambang selalu berharap agar dibentuk suatu wadah yang dapat mengakomodir aspirasi mereka, serta memberikan rasa aman dan perlindungan terhadap pekerjaan mereka sebagai penambang rakyat.

Selanjutnya Zuristyo juga menuturkan tujuan dilantiknya pengurus Astrada Kabupaten Belitung dan Astrada Kabupaten Beltim, agar masyarakat yang berusaha dibidang pertambangan rakyat dapat berkoordinasi dan menyampaikan aspirasinya kepada kepengurusan di kabupaten.

Asisten I Setda Kabupaten Beltim, Umar Hasan mewakili Bupati Beltim Khairul Efendi menuturkan dibentuknya Astrada ini diharapkan dapat menjawab setiap permasalahan yang dihadapi pelaku tambang maupun pemerintah daerah selaku pemegang hak otonomi.

“Jumlah penambangan di Babel lebih dari 65.000 orang termasuk penambangan liar. Jumlah ini diperkirakan masih lebih kecil dibandingkan jumlah sebenarnya. Kebijakan pemerintah terhadap pertambangan rakyat telah diimplementasikan dalam peraturan perundang-undangan seperti UU Minerba,” Ia mengajak Astrada dan pelaku industri pertambangan untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Beltim, ujarnya. (Mitha)
Sumber: Pos Belitung