Senin, 12 Juli 2010 09:22

PELATIHAN TENAGA PEMBINA/PENGELOLA UKS KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2010

Tanjungpandan --- Masalah kesehatan anak usia sekolah sangat tergantung pada periode proses pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan harus disesuaikan dengan kondisi dan proses tumbuh kembang anak. Untuk itu dalam upaya pembinaan kesehatan tersebut, pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah mengadakan Pelatihan Tenaga Pembina/Pengelola UKS Se-Kabupaten Belitung Tahun 2010 pada hari Senin 12 Juli 2010 yang bertempat di Gedung Wanita, Tanjungpandan.

Ketua Pelaksana kegiatan Pelatihan Tenaga Pembina/Pengelola UKS se-Kabupaten Belitung Tahun 2010, Drs. Fari menyampaikan peserta kegiatan ini adalah para pelaksana dan Pembina UKS TK-SD dengan jumlah peserta sebanyak 86 orang yang masing-masing dibagi dalam dua angkatan yang berasal dari unsur Tim Pembina (Kepala Sekolah) dan Tim Pelaksana (Guru UKS).

Beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan Tenaga Pembina/Pengelola UKS ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan unsur-unsur Tim Pembina dan Tim Pelaksana UKS tentang Program Usaha Kesehatan Sekolah, Meningkatkan keterampilan para tenaga pengelola UKS sebagai upaya awal bagi pembinaan kesehatan di Sekolah, Meningkatkan keterpaduan dan koordinasi antar elemen dalam tim Pembina dan Tim Pelaksana dalam meningkatkan Program Usaha Kesehatan Sekolah dan sebagai upaya bersama dalam rangka pendidikan kesehatan sejak dini.

Dalam acara yang berlangsung selama 5 hari tersebut, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Karyadi Sahminan, SE, M.AP yang mewakili Bupati Kabupaten Belitung Ir. H. Darmansyah Husein mengatakan bahwa keberhasilan anak tidak hanya difaktori oleh IQ tapi juga lingkungan yang dalam hal ini adalah kesehatan. Karyadi berharap, pelatihan kesehatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan saja tapi semua masyarakat termasuk dilingkungan sekolah.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung