Senin, 12 Juli 2010 09:24

AVIASTAR BUKA RUTE PENERBANGAN BANGKA-BELITUNG

Tanjungpandan—Pesawat Aviastar dengan operator PT Komala Tri Varia kini dapat menjadi pilihan transportasi baru bagi masyarakat yang ingin berpergian dari pulau Bangka ke pulau Belitung atau sebaliknya.

Pesawat Aviastar ini melakukan penerbangan perdana pada Sabtu, Tanggal 10 Juli 2010 di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjungpandan yang ditumpangi Wakil Gubernur Babel Syamsuddin Basari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Babel Yan Megawandi, unsur Muspida serta Wartawan. Kedatangan rombongan disambut hangat Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, para Muspida serta sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Belitung.

Peresmian operasional jalur baru maskapai penerbangan Aviastar ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dirut Komala Tri Varia Edwin Wijaya yang kemudian diberikan kepada Bupati Belitung serta Wakil Gubernur Babel.

Dirut PT Tri Komala Varia berharap penerbangan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Babel, sehingga masyarakat bisa mendapatkan alternatif lebih baik dan efisien dalam mobilisasinya. Pembukaan rute ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mengembangkan  pariwisata.

Sementara Bupati Belitung mengatakan, Kabupaten Belitung dan Belitung Timur  merupakan destinasi wisata yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan. Dan hal ini merupakan trend yang luar biasa. Apalagi dari studi penyusunan master plan Bandara HAS Hanandjoeddin, bandara ini akan terus dikembangkan. Master plan sudah disetujui dan sudah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan sebelum ini.

“Untuk Aviastar Bupati berharap agar maskapai penerbangan ini memiliki jadwal yang tetap. Kunci untuk rute yang baru dibuka adalah harus menjaga agar jadwalnya tetap dan tidak berubah,” kata Bupati.

Selanjutnya Wagub mengatakan, dengan adanya penerbangan yang menghubungkan Belitung dengan Bangka, maka akan membawa manfaat untuk pariwisata dan untuk pemerintahan. “Kita dukung bersama supaya lancar, “ujar Wagub.

Aviastar menggunakan pesawat jenis BAe 146 seri 200 dengan kapasitas 83 seat. Harga tiket menggunakan sistem kelas. Pada bulan Juli 2010 ini berlaku harga tiket dengan rentang Rp 380.000 hingga Rp 560.000. “Tiketnya menggunakan e-tiket. Rute yang dilalui Aviastar adalah Bandung-Bangka-Belitung-Bangka-Bandung-Palembang dan untuk jadwal keberangkatan dari Tanjungpandan menuju Pangkalpinang dibuka setiap hari Sabtu pukul 12.55 WIB, “ kata Kepala Perwakilan PT Komala Tri Varia di Belitung Henny Verika yang dilansir dari Harian Pos Belitung, edisi Senin, 12 Juli 2010.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung