Kamis, 15 Juli 2010 11:48

HUJAN LOKAL TIDAK MENENTU

Jakarta - - - Hujan lokal yang terjadi kini makin tidak terpengaruh oleh iklim secara regional, tetapi kejadiannya justru semakin ekstrem. Hujan di suatu wilayah saat ini bisa terjadi dengan singkat, deras, disertai petir dan angin kencang pula.

Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Bidang Peringatan Dini Cuaca pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kukuh Ribudianto dalam Harian Kompas Edisi Selasa, 13 Juli 2010 mengatakan fenomena seperti ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi atau peralihan antara musim kemarau dan musim hujan. Masa-masa transisi itu lazimnya terjadi pada Maret-April-Mei menjelang musim kemarau atau sebaliknya pada Agustus-September-Oktober menjelang musim hujan.

Menurut Kukuh, hujan lokal ekstrem sekarang ini terpengaruh oleh suplai uap air dari laut yang masih hangat di atas pola normal. Selain itu, radiasi matahari dan perubahan fungsi lahan, seperti perkerasan lahan di perkotaan, juga memicu peningkatan suhu makin tajam. Saat ini beberapa wilayah yang memiliki karakter hujan lokal yang deras dan berlangsung singkat disertai petir dan angin kencang meliputi wilayah Jakarta dan sekitarnya, wilayah pesisir di Sumatera bagian selatan, wilayah Kalimantan bagian barat dan selatan, wilayah Sulawesi bagian barat, selatan, tenggara, dan utara, wilayah Maluku bagian utara serta Papua bagian selatan. (Mitha)
Sumber: kompas