Kamis, 15 Juli 2010 11:49

PEMBUKAAN DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III ANGKATAN KE-2

Tanjungpandan - - - Pembukaan kegiatan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan III Angkatan Ke-2 bagi CPNS Formasi Umum Tahun 2008 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein yang pada kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda kabupaten Belitung, Drs. Arham Armuza, S.Ip pada Rabu, Tanggal 15 Juli 2010 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Perawas.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 19 hari efektif dimulai dari tanggal 15 Juli hingga 02 Agustus 2010 di Gedung Sanggar Kegiatan (SKB) yang diikuti sebanyak 32 orang meliputi CPNS Tenaga Guru sebanyak 16 orang, CPNS Tenaga Kesehatan sebanyak 6 orang, dan CPNS Tenaga Teknis sebanyak 10 orang.

Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Pemerintahan mengatakan, pelaksanaan diklat dilatarbelakangi oleh pemikiran paling mendasar bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia (SDM) aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. “Hal penting untuk dilakukan mengingat perjalanan panjang bagi CPNS sebagai abdi negara dan masyarakat haruslah dilandasi dengan etika moral dan kedisiplinan yang tinggi, sehingga ke depan dengan unsur aparatur pemerintah yang baik Kabupaten Belitung dapat memperkuat kemandirian yang demokratis dan berkeadilan dalam rangka mewujudkan Good Governance”, papar Arham.

Sementara Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung, Susilawati, SE dalam laporannya menyebutkan diklat ini memiliki empat tujuan, diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat, serta menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya keperintahan yang baik.

Dalam diklat ini para peserta diklat diharapkan mampu mengembangkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air. Selain itu kompetensi teknis, manajerial, dan atau kepemimpinannya serta efisiensi, efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggungjawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

Diakhir sambutannya Arham berharap kepada para peserta Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan ke-2 untuk dapat mengikuti Diklat ini dengan sebaik-baiknya dari awal hingga akhir dengan mentaati setiap peraturan yang telah ditetapkan panitia, serta menjadikan pelaksanaan kegiatan diklat ini sebagai wahana untuk belajar, mengasah kemampuan dan membangun sikap mental yang baik sekaligus memperluas jaringan kerja dan persahabatan dengan peserta yang lain. (Mitha)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung