Jum'at, 16 Juli 2010 10:10

KOTA SENI BAKAL MERIAHKAN PERINGATAN HJKT

Tanjungpandan—Kota Seni (Komunitas Taman Seni Indonesia) yang biasa berkumpul di kawasan Taman Suropati yang terletak di daerah Menteng, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat bakal datang ke Belitung dan menggelar pertunjukan orkestra pada puncak peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan yang jatuh tepat pada tanggal 1 Juli.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Ketua Dewan Kesenian Belitung, Mansyur yang mengatakan, kedatangan para seniman ini ke Belitung untuk memeriahkan peringatan HJKT sekaligus ajang promosi budaya Belitong dalam rangka Visit Babel Archipelago 2010. Rencananya para musisi ini akan berkolaborasi membawakan lagu-lagu melayu khas pulau Belitong yang akan digelar pada Tanggal 30 Juni s.d 2 Juli di Kawasan wisatan Pantai Tanjungpendam pada sore hari dan dilanjutkan sampai malam hari.
“Mereka akan tiba di Tanjungpandan pada Tanggal 28 Juni, lalu Tanggal 29 Juni langsung observasi ke lapangan, dan Tanggal 30 Juni akan mulai tampil untuk menghibur masyarakat Belitung”, ungkapnya.

Komunitas Taman Seni Indonesia (KOTASENI) merupakan suatu komunitas yang lahir dari perkumpulan para seniman dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, karyawan, orang tua maupun seniman jalanan yang mana lokasi tempat mereka berkumpul cukup dengan memanfaatkan ruang publik yakni, Taman Suropati yang terletak di daerah Menteng, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, seperti diungkapkan pula oleh Mansyur.

Sementara Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, pada Minggu, Tanggal 6 Juni 2010 juga sempat berkunjung ke taman Suropati guna melihat langsung pertunjukan orkestra yang dibawakan para seniman kota seni. Bupati juga sempat mengabadikan moment ini dengan foto bersama dengan salah satu seniman orkestra.

Dalam wawancara singkatnya saat menghadiri acara lomba desa di kelurahan parit, disebutkan Darmansyah bahwa ia sangat terkesan dan antusias dengan penampilan orkestra kota seni ini, apalagi mereka tampil dengan membawakan lagu khas daerah Belitung, dan ”Saya menyambut antusias, jika memang mereka akan tampil di Belitung dan kita akan berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat berjalan maksimal”, jelasnya.

Komunitas Taman Seni Indonesia (KOTASENI) yang didirikan oleh Bapak Syahril, Bapak Bambang, Bapak Ali Sahbana, Bapak Awi, dan Bapak Rori dibentuk pada 27 Februari 2009 dengan alamat sekretariat di Jl. Mirah Delima Raya No. 17, Sumur Batu, Jakarta Pusat.

Komunitas ini mengakomodir teman-teman jalanan baik itu pengamen, orang yang tidak mampu maupun siapa saja yang berasal dari berbagai unsur/kalangan yang ingin terus berkarya dan mengangkat citra bangsa ini melalui berkesenian.

Komunitas yang memberikan pelatihan musik secara sukarela ini rutin berlatih musik di Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat dengan jam latihan resmi setiap hari Minggu pukul 14.00 WIB s/d 19.00 WIB/selesai ataupun hari-hari biasa dari siang hingga malam hari. Dewasa ini kotaseni telah memiliki 12 divisi meliputi, divisi gesek, petik, tiup, vokal, band, teater, fotografy, flim, sastra, lukis dan tari..***(dk)

Ralat Berita Kota Seni Bakal Meriahkan HJKT pada tanggal Senin, 7 Juni 2010
http://www.belitungkab.go.id/news_detail.php?newsid=599

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung.