Sabtu, 17 Juli 2010 10:37

CATUR MEDALI PERAK BOLA IMBANG 4-4

TOBOALI — Meski Pekan Olah Raga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Porprov Babel) III yang digelar di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, belum dibuka secara resmi, pertandingan beberapa cabang olah raga sudah dilaksanakan. Dua di antaranya cabang catur dan sepakbola.

Pertandingan catur berlangsung Kamis (15/7) siang di Islamic Center di kawasan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, dimulai dengan nomor catur cepat putra beregu dan perorangan, diikuti atlet catur Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur.

Pertandingan babak terakhir usai dilaksanakan Jumat (16/7) sore, dapat dipastikan untuk catur cepat putra beregu Kabupaten Belitung mendapat medali perunggu. Sedangkan medali emas dan medali perak masing-masing diraih Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang. Untuk perorangan, atlet Kabupaten Belitung Sofyan harus puas memperoleh medali perak. Medali emas disabet atlet Pangkalpinang Iwan Setiawan, medali perunggu jatuh ke tangan atlet Bangka Selatan Anasrullah.

Keberhasilan Iwan Setiawan meraih medali emas membuat Sekda Kota Pangkalpinang, Suhardi, yang dikenal penggila catur dan menyempatkan diri menyaksikan pertandingan babak terakhir catur cepat putra beregu dan perorangan di Islamic Center Jumat sore, senang. Namun, ujar Pak Sekda, yang kenal baik dengan atlet catur Kabupaten Belitung seperti Endang Ardian dan Lahiyak, “soal catur Belitunglah jagonya”.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Belitung Mirang Uganda, SH, menghargai medali perak dan medali perunggu yang akan diterima atlet catur Kabupaten Belitung di nomor catur cepat putra beregu dan perorangan. Namun, “Untuk ngajak makan, belum,” selorohnya.

Lahiyak, yang gagal di pertandingan babak terakhir dan sempat berdikusi serius dengan Sekda Kota Pangkalpinang mengenai langkah-langkah keliru yang dia ambil di menit-menit terakhir, meyakinkan Mirang Uganda bahwa kans Kabupaten Belitung untuk memperoleh emas di cabang catur masih terbuka lebar. “Kita fokuskan di catur standar,” katanya.

Sementara itu, Jumat (16/7) siang di Lapangan Bola Desa Rias, Kecamatan Toboali, berlangsung pertandingan sepakbola antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Pertandingan perdana cabang sepakbola yang dibuka oleh Ketua PSSI Babel Hidayat Arsani itu, berakhir dengan skor imbang 4-4.

Siap Bertarung
Porprov Babel III direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Babel Ir H Eko Maulana Ali, Msc,  Sabtu (17/7) malam di Stadion Sport Center Toboali. Tidak kurang dari 2.140 atlet dari 1 kota dan 6 kabupaten akan bertarung, memperebutkan 165 medali emas, 165 medali perak, dan 294 medali perak dari 13 cabang yang dipertandingkan sejak Rabu (14/7) hingga Selasa (26/7).

Selain cabang catur, sepakbola, atletik, bolavoli, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, tea won do, panjat tebing, bridge dan karate, juga dipertandingkan cabang tinju. Sayangnya, karena yang memiliki atlet hanya Belitung dan Pangkalpinang, cabang senam tidak dilombakan.

 “Padahal itu tambang medali emas kita,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH, kepada www.belitungkab.go.id, dalam perjalan menuju Pelabuhan Tanjung Ru, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kamis (15/7).

Kabupaten Belitung mengikuti seluruh cabang yang dilombakan. Menyusul atlet, pelatih dan official cabang catur dan sepakbola yang berangkat lebih dahulu pada Rabu (14/7) menggunakan kapal cepat Bahari Ekspres, hampir seluruh kontingen bertolak menuju Toboali menggunakan KM Salvia dari Pelabuhan Tanjung Ru ke Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan, Kamis (15/7).

Hingga Jumat (16/7) malam, seluruh kontingan Kabupaten Belitung yang berjumlah 263 orang, sudah tiba di Toboali dan siap bertarung mengukir prestasi. Sebagian besar mereka ditempatkan di SMP PGRI 2 dan SD Negeri 11 di Jalan Ampera Toboali, sisanya di Kantor Diklat Kabupaten Bangka Selatan dan rumah kontrakan milik Wakil Ketua PSSI Kabupaten Belitung, Edi Kodri, di Kampung Lalang.

Sesuai kesepakatan, seluruh kebutuhan konsumsi kontingen disiapkan sendiri oleh Panitia Kontingen Kabupaten Belitung dan dipusatkan di SMP PGRI 2 yang bersebelahan dengan SD Negeri 11 Toboali. Kamis (15/7) malam, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, dan Ketua KONI Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, M.Si, melakukan peninjauan ke perkempungan atlet sekaligus menggelar rapat evaluasi kesiapan kontingen Kabupaten Belitung.

Sejauh ini kondisi kesehatan kontingen Kabupaten Belitung cukup baik. Kalaulah sementara itu Seksi Kesehatan sering juga memberikan pelayanan kesehatan, yang ditangani bukan gangguan kesehatan berat. “Hanya flu ringan,” ujar Iin Yuli Lestari, anggota Seksi Kesehatan Panitia Kontingen Kabupaten Belitung, Jumat (16/7) siang. (syafei)






Sumber: Seksi Humas Kontingen Porprov III Kabupaten Belitung