Rabu, 21 Juli 2010 10:50

MENINGKATNYA PSB SD/SMP DI BELTIM

Manggar - - - Penerimaan Siswa Baru (PSB) tingkat SD/SMP di Belitung Timur (Beltim) meningkat drastis diakibatkan semakin berkembangnya keberadaan tempat Pendidikan Usia Dini (PAUD) di beberapa tempat wilayah Kabupaten Beltim. Dimana para orangtua langsung mendaftarkan anaknya ke SD setelah menamatkan di PAUD.

Begitu pula dengan PSB untuk SMP dengan status negeri di beberapa sekolah mengalami peningkatan, bahkan ada sekolah yang menyiapkan ruang kelas tambahan dan disarankan untuk masuk SMP swasta. Hal ini menyebabkan pihak sekolah harus menambah ruang kelas baru dari yang sudah disiapkan sehingga beberapa sekolah memanfaatkan ruang guru di sekolah.

Ali Imron selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim dalam Harian Pagi Pos Belitung edisi Rabu, 21 Juli 2010 mengatakan tahun ini penerimaan siswa baru untuk SD maupun SMP diluar dugaan kami. Dari ruang kelas yang disediakan untuk penerimaan siswa baru baik SD maupun SMP terisi semua, bahkan ada beberapa sekolah yang menambah ruang kelas baru dengan memanfaatkan ruang guru, atau ruangan lainnya yang dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar.

Menurut Ali, pihaknya akan melakukan pendataan maupun penyesuaian terhadap keberadaan maupun perizinan dari PAUD. Paling tidak sudah memiliki bangunan sendiri, serta berbadan hukum dalam bentuk yayasan. Hal ini untuk mempermudah dalam proses penyaluran bantuan bila ada bantuan kalau sudah berbadan hukum dalam bentuk yayasan.

Dalam pelaksanaan PSB terutama SD masih banyak orang tua yang berkeinginan mendaftarkan anaknya untuk masuk SD negeri, hanya dipengaruhi karena sekolah tersebut terkenal dengan sebutannya namun sekolah itu belum teruji dari kualitas, bila dilihat dari tingkat kelulusan dan perolehan nilai tertinggi dari hasil ujian nasional. “Ada beberapa sekolah negeri yang berada diurutan teratas peringkatnya se Kabupaten Beltim, namun siswa yang mendaftar di sekolah itu sangat sedikit,” ujar Ali. (Mitha)
Sumber: Pos Belitung