Kamis, 22 Juli 2010 04:17

UPACARA PERINGATAN HARI KOPERASI KE-63

Tanjungpandan—Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi menggelar pelaksanaan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-63 yang tepatnya jatuh pada Tanggal 12 Juli lalu, pada Rabu (21/7) bertempat di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Belitung. Pelaksanaan upacara ini sekaligus dibarengi dengan pelaksanaan Apel Bulanan PNS di Lingkungan Pemkab Belitung yang merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap bulan.

Tanggal 12 Juli 1974 merupakan sejarah berdirinya koperasi untuk melakukan perubahan kondisi ekonomi rakyat. Para tokoh pejuang ekonomi rakyat yang dimotori oleh seorang pamong praja Patih Raden Aria Wiria Atmadja berkumpul di Tasikmalaya untuk menyelenggarakan Kongres Koperasi I pada Tanggal 12 Juli 1947. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari Koperasi Indonesia, ungkap Sekda Kabupaten Belitung Ir.H.Mulgani selaku pembina upacara saat membacakan sambutan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Dr.Syarief Hasan, MM,MBA.

Selanjutnya disebutkan pula bahwa jumlah koperasi sampai dengan Maret Tahun 2010 ini terdapat sebanyak 175.102 unit, dengan anggota berjumlah 29,124 juta, volume usaha sebesar Rp 77,514 triliun, serta modal sendiri sebesar Rp 30,656 triliun. Apabila dibandingkan dengan tahun 2008, maka terdapat peningkatan jumlah koperasi sebesar 13 %, peningkatan jumlah anggota sebesar 6,61 %, peningkatan volume usaha 13,25 % dan peningkatan jumlah modal sendiri meningkat 35,88 %. Ini menunjukkan bahwa gerakan koperasi telah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian nasional Indonesia.

Pada tahun ini, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menggagas program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop). Gemaskop ini digagas seiring dengan banyaknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang telah dilaksanakan, antara lain bantuan sosial, penguatan modal, kredit KUR, dana bergulir, Pelatihan kewirausahaan, pameran dan sebagainya yang telah banyak memberikan peluang dan kemudahan kepada rakyat untuk mendirikan dan lebih meningkatkan usaha koperasi.

Tema hari Koperasi ke-63 ini yaitu Koperasi Bangkit Untuk Kesejahteraan Rakyat. Tema ini mengandung semangat dan tekad untuk lebih membangkitkan peran koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan soko guru perekonomian nasional, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tentunya, hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Turut hadir dalam upacara para Muspida, Pimpinan SKPD dan segenap PNS di Lingkungan Pemkab Belitung.***(dk)


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung