Jum'at, 23 Juli 2010 11:45

BUPATI BUKA RAPAT OPTIMALISASI PERAN DEWAN KETAHANAN PANGAN DAN POKJA MANDIRI PANGAN

Tanjungpandan ---- Rapat Optimalisasi Dewan Ketahanan Pangan dan Pokja Mandiri Pangan Tahun 2010 yang bertema ”Percepatan Diversifikasi Pangan dalam Rangka Menunjang Ketahanan Pangan di Kabupaten Belitung” resmi di buka oleh Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein di ruang pertemuan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Jum’at (23/7).

Yuli Hendri selaku Ketua Pelaksana melaporkan, tujuan dan sasaran dari rapat ini untuk menyamakan persepsi tentang desain program kerja Dewan Ketahanan Pangan dan Pokja Mandiri Pangan serta implementasi kegiatannya. Peserta rapat tersebut berjumlah 37 orang yang terdiri dari 27 orang anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung orang dan 10 orang dari Tim Pokja Mandiri Pangan Kabupaten Belitung.

Dalam rapat tersebut akan disajikan beberapa materi antara lain Percepatan Diversifikasi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal, Peningkatan Produksi Pangan di Kabupaten Belitung, Status Gizi Balita sebagai cerminan Ketahanan Pangan di Kabupaten Belitung, dan Managemen Usaha Ketahanan Pangan.

Darmansyah Husein mengatakan dalam sambutannya, target kita Tahun 2015 nanti adalah terwujudnya Pola Pangan Harapan (PPH) yang beragam, bergizi, berimbang dan aman. Tahun ini adalah pencanangan tujuan tersebut, maka saya berharap kiranya kita semua optimis dan bersatu padu secara sinergis merealisasikan program-program yang dimaksud.
”Perlu ada upaya nyata untuk mengalokasikan sumber daya yang memadai, membuat strategi dan mekanisme koordinasi yang efektif agar terbentuk pola dukungan dari beragam unsur atau pelaku sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” ungkap Darmansyah.

Prestasi yang cukup membanggakan terhadap keberhasilan kegiatan desa mandiri pangan khususnya Desa Simpang Rusa Kecamatan Membalong yang masuk dalam kategori 10 Besar Desa Terbaik Tingkat Nasional dari 375 Kabupaten/Kota di Indonesia, kiranya prestasi ini dapat memacu kita semua agar lebih giat lagi dalam mengawal ketahanan pangan di Kabupaten Belitung.

Beliau berharap dalam rapat ini jangan hanya kekosongan belaka, pada saat inilah kita memusatkan untuk melaksanan rencana-rencana yang telah dicanangkan. Jika Desa Simpang rusa sudah baik, desa-desa yang lainnya dapat mencontoh desa tersebut, namun jika desa tersebut belum baik sebaiknya disempurnakan untuk menjadi desa yang lebih baik.


Rapat ini dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Sekretaris, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung Ir. Arpani, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Wiryati Husin, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Drs. Elly Rachman, Anggota Dewan Ketahanan Pangan Kab. Belitung, Anggota Pokja Desa Mandiri Pangan Kab. Belitung, serta para undangan yang lainnya. (Mitha)


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung