Rabu, 28 Juli 2010 02:51

PEMBUKAAN LASEDA OLEH BPSNT

Tanjungpandan - - - Pembukaan kegiatan Lawatan Sejarah dan Nilai Tradisional Daerah (LASEDA) Belitung oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Tanjungpinang dengan tema Dengan Semangat Hari Pendidikan Nasional Kita Tumbuh kembangkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda di Negeri Laskar Pelangi resmi dibuka oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein pada hari Senin, 26 Juli 2010 di Hotel Pondok Impian.

Dra. Nismawati Tarigan selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 26-29 Juli 2010 yang diikuti 75 peserta, terdiri dari siswa/siswi tingkat SLTA dan guru mengajar bidang sejarah dari 4 Propinsi yaitu Propinsi Riau, Jambi, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, namun dalam pembukaan ini Provinsi Jambi belum hadir.

Lawatan Sejarah adalah suatu kegiatan perjalanan mengunjungi situs bersejarah ( a trif to historical sites) yang merupakan simpul-simpul orientasi nilai-nilai perjuangan dan persatuan untuk memperkokoh integrasi bangsa. “Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami, menghayati dan memaknai dengan benar peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi untuk dijadikan sebagai sumber edukasi, inspirasi dan rekreasi,”ujar Nismawati.

Bupati Belitung, Ir. Darmansyah Husein mengatakan dalam pembukaannya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini mengingat pentingnya rekam jejak sejarah agar kita lebih memahami eksistensi serta makna kehidupan yang sedang dan akan kita jalani nanti. “Kegiatan Lawatan Sejarah ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat menumbuhkembangkan serta meningkatkan kesadaran sejarah yang bermuara pada sikap kebanggaan dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia, khususnya sikap nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda,” papar Darmansyah.

Beliau berharap selama mengikuti lawatan sejarah ini kepada para guru dan siswa dari Riau, Jambi, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung, semoga rangkaian kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Direktur Nilai Sejarah, Bupati Belitung, Anggota DPRD Komisi III, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tanjungpinang, Jajaran Unsur Muspida, serta para peserta Lawatan Sejarah Daerah.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung