Rabu, 28 Juli 2010 12:07

PESERTA LASEDA MELAWAT KE BERBAGAI TEMPAT BERSEJARAH DI BELITUNG

Tanjungpandan ---- Peserta Lawatan Sejarah Daerah yang terdiri dari  siswa/siswi tingkat SLTA dan guru yang mengajar dari Propinsi Riau, Kepulauan Riau, Bangka dan Belitung melawat ke berbagai tempat bersejarah yang terdapat di Tanjungpandan pada hari Selasa (27/7). Peserta berkumpul jam 08.00 WIB di Hotel Pondok Impian yang diawali dengan sarapan bersama sebelum melawat ke berbagai tempat bersejarah.

Tempat bersejarah tersebut yaitu Museum Pemerintah Kabupaten Belitung, Rumah  Tuan Kuase, Toapekong di Billiton Hotel dan Club, Jam Gede, Rumah Phang Tjong Toen, Gedung Nasional, Dockyard, Eks. Districhoofd, Komando Resort Militer 044, Makam Belanda (Kherkhoff), KIA dan Rumah Adat Belitung.

Selama melawat ke tempat bersejarah peserta dipandu oleh Tokoh Budaya Belitung, Salim YAH yang menjelaskan secara ringkas mengenai tempat bersejarah tersebut guna menambah pengalaman dan wawasan para peserta baik dari Belitung maupun provinsi lainnya.

”Toapekong yang terdapat di Billiton Hotel dan Club ini adalah bagian yang tersisa dari rumah besar seorang Kapiten Cina yang hidup di abad ke-19. Merupakan rumah abu atau tempat pemujaan leluhur marga Ho (Hokkien) atau He (Mandarin),” ujar Salim di sela penjelasan mengenai Toapekong.

Rumah Adat Belitung merupakan tempat yang paling lama di kunjungi oleh seluruh peserta. Karena di sana banyak kebudayaan Belitung yang harus dijelaskan oleh Salim mulai dari sejarah rumah adat itu sendiri, pakaian adat, adat-istiadat menikah, hingga tata cara makan bedulang. ”Khusus orang Belitong wajib memiliki baju adat Belitong,” papar Salim. Kemudian salim mengarahkan kepada para peserta untuk beristirahat sejenak.

Setelah jam istirahat selesai, panitia mengadakan kuis yang dipandu oleh Ketua Panitia Pelaksana Dra. Nismawati Tarigan dengan membacakan sebanyak 16 soal tentang sejarah dari 4 provinsi yaitu Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan BangkaBelitung.

Selama kuis tersebut para peserta ikut aktif berpartisipasi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Peserta yang jawabannya benar mendapatkan hadiah langsung oleh panitia berupa gantungan kunci. Waktu melawatpun habis akhirnya para pesera bersiap kembali ke Hotel Pondok Impian yang nanti malam akan dilanjutkan dengan Dialog Interaktif Kesejarahan dan hari Rabu, 28 Juli 2010 peserta berencana melanjutkan melawat ke tempat bersejarah lainnya di daerah Sijuk, Cerucuk, Gunung Tajam, Badau, Membalong dan Air Kendur.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung