Rabu, 28 Juli 2010 04:18

PENUTUPAN LASEDA DIAKHIRI PENGUMUMAN PEMENANG KARYA TULIS KESEJARAHAN TAHUN 2010

Tanjungpandan - Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (LASEDA) Belitung yang diikuti oleh peserta dari Kepulauan Riau, Provinsi Riau dan BangkaBelitung resmi ditutup oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili oleh Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Karyadi Sahmiman, SE, MAP di Grand Pondok Impian (28/7).

Drs. Novendra selaku Kepala Bagaian Tata Usaha dalam sambutannya mengatakan Lawatan Sejarah Daerah merupakan salah satu program kerja Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tanjungpinang (BPSNT) yang intinya memperkenalkan sejarah daerah Belitung kepada peserta siswa/siswi dan guru tingkat SMA. ”Sejarah merupakan kegiatan yang akan mengingatkan kepada kita bagaimana para pejuang zaman dahulu yang telah memerdekakan Negara Republik Indonesia ini”, ujar Novendra. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme para peserta.

Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Karyadi Sahmiman, SE, MAP menyebutkan berbangga hati dan merasa tersanjung atas kunjungan saudara-saudara pada kegiatan lawatan sejarah ini. ”Lawatan Sejarah ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat meningkatkan pemahaman kesadaran sejarah yang bermuara pada sikap kebanggaan dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia, khususnya sikap nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda,” ujar Karyadi. Semoga kebersamaan dan silahturahmi yang terbina selama menjalani lawatan ini, dapat terus dibina sampai nanti, sehingga sejarah benar-benar memainkan perannya sebagai penghubung waktu, masa, dan peradaban termasuk manusia di dalamnya yang menjadi sentral dan aktor sejarah tersebut.

Acara penutupan ini juga dimeriahkan oleh masing-masing peserta provinsi LASEDA dengan menampilkan tari dan lagu dimulai dari SMA N 1 Tanjungpandan menampilkan Tari Sepen, Kepulauan Riau (Tanjungpinang) menampilkan Gurindam 12, beebalas pantun dan puisi, SMA 2 Tanjungpandan menyanyikan lagu kayu kayan, berbalas pantun dan berdincak sambil bernyanyi Aku Masih Anak Sekolah, SMAN Pekanbaru menampilkan lagu Tanjung Katung dan terakhir dari Pangkalpinang menampilkan berbalas pantun.

Diakhir acara diumumkan oleh panitia nama pemenang Karya Tulis Kesejarahan Tahun 2010 dengan nama M. Egar Pambudi dari SMA N 2 Pangkalpinang, Faizah Ismail dari SMA N 1 Tanjungpinang, Wenny Syafitri SMA N 1 Pekanbaru serta guru pendamping Garmawandi, Spd guru sejarah SMA N 2 Tanjungpandan yang akan mengikuti LASEDA tingkat Nasional di Kalimantan Selatan bulan November nanti.
Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kabupaten Belitung, Anggota DPRD Kabupaten Belitung,   segenap instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, pihak swasta, insan pers serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung