Rabu, 4 Agustus 2010 12:05

PEMANDANGAN UMUM ANGGOTA DPRD ATAS PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN PENGANTAR RAPBD PERUBAHAN KABUPATEN BELITUNG TAHUN ANGGARAN 2010

Tanjungpandan—Rapat paripurna ke-12 masa persidangan II DPRD Kabupaten Belitung kembali digelar pada Rabu, Tanggal 4 Agustus Tahun 2010 dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Pengantar RAPBD Perubahan Kabupaten Belitung Tahun anggaran 2010.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, Para Muspida, para anggota DPRD Kabupaten Belitung serta perwakilan dari  Dinas/Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Dalam rapat ini sebanyak 3 orang anggota DPRD menyampaikan pemandangan umumnya diantaranya Drs.Suhardi dan Zuhaidi, S.Ag dari fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) dan Suhardi dari fraksi Partai Golongan Karya (Golkar).

Dari ketiga anggota DPRD menyinggung mengenai 6 (enam) prioritas Pembangunan Tahun 2010 dalam upaya mewujudkan sasaran prioritas pembangunan yang telah ditetapkan mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, perhubungan, kelautan dan perikanan serta pariwisata.

Adapun pemandangan umum dari Drs.Suhardi salah satunya mencakup masalah dibidang pendidikan mengenai birokrasi pencairan dana sekolah agar lebih mudah dan cepat serta bidang kesehatan tentang Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM), mengingat akan terjadi penambahan biaya akibat banyaknya penduduk yang masuk ke Belitung serta berkaitan dengan masalah rujukan pasien ke Jakarta yang sekiranya perlu menjadi perhatian dalam APBD perubahan.

Selanjutnya Suhardi memberikan pemandangan mengenai rendahnya realisasi belanja daerah serta belanja bantuan kepada pemerintah desa yang dinilai kurang mencapai target. Hal ini dikhawatirkan akan berimbas pada hasil pekerjaan yang kurang baik.

Sementara Zuhaidi, S.Ag memberikan pandangan yang lebih prioritas kepada pelayanan pemerintah kepada masyarakat menyangkut bidang kesehatan, pendidikan serta perhubungan. Ditambah bidang pariwisata serta kelautan dan perikanan.

Pemandangan umum dari beberapa fraksi ini akan dijawab oleh Bupati Belitung pada pelaksanaan Rapat Paripurna selanjutnya yang akan berlangsung pada Jum’at, Tanggal 6 Agustus 2010 dengan agenda Jawaban Eksekutif atas pemandangan umum anggota DPRD.

Diakhir sambutannya para anggota DPRD berharap kiranya Bupati dapat memberikan tanggapan yang merupakan masukan penting bagi komisi-komisi untuk melakukan pembahasan lebih lanjut.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung