Kamis, 5 Agustus 2010 12:00

PEMBUKAAN SEMINAR PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN POSYANDU TINGKAT KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan ---- Bupati Belitung secara resmi membuka Seminar Peningkatan Kualitas Pelayanan di Posyandu Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2010 di Gedung Serba Guna, Kamis (5/8).

Seminar ini diikuti sebanyak 300 orang yang terdiri dari Ketua TP.PKK Kecamatan dan desa Sekabupaten Belitung, Ketua Pokja TP.PKK Kecamatan dan desa, Kepala Puskesmas dan petugas gizi Puskesmas dan Kader Posyandu. Ketua penyelenggara seminar, Sri Anggarini,SE dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Belitung melalui pemberdayaan masyarakat.

”Sesuai dengan pedoman umum pengelolaan Posyandu materi yang akan diberikan sebanyak 3 materi, yaitu Konsep dasar posyandu, Kegiatan dan penyelenggaraan Posyandu dan Keterkaitan kader dengan Posyandu,”ujar Sri. Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan, salah satu langkah berarti yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung dengan digelarnya seminar ini dapat memberikan inspirasi positif kepada kader-kader PKK sekaligus memotivasi untuk dapat terus mengabdi dan berkarya lebih baik lagi terhadap kepentingan masyarakat, nusa dan bangsa.

Bupati juga menjelaskan tingkat pelayanan kesehatan Kabupaten Belitung saat ini masih rendah, oleh sebab itu seminar ini diadakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. ”Tidak ada alasan untuk tidak ingin berobat ke rumah sakit karena takut jadi miskin,”tambah Darmansyah.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan pembangunan kesehatan bersama bertujuan untuk mewujudkan manusia yang sehat, produktif dan berdaya saing guna mewujudkan visi Indonesia sehat di Tahun 2010 ini maka pemerintah kembali menguatkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh, berjenjang dan terpadu.

”Posyandu merupakan ujung tombak progam pengurangan angka kematian masyarakat yang dapat dilakukan dengan 50% upaya eventif dan 50% upaya pengobatan,”tambah Darmansyah.

Turut hadir dalam seminar ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Kepala dinas/bagian di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, Ketua PKK dan peserta seminar. (Mitha)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung