Jum'at, 6 Agustus 2010 09:42

200 BUKU DI PERPUSTAKAAN “LASKAR PELANGI”

Gantung ---- Belum puas dengan berbagai karyanya yang mencengangkan, Andrea Hirata kembali membuat karya baru. Sebuah perpustakaan didirikan di kampung halamannya yang dia beri nama ”Perpustakaan Laskar Pelangi”. Perpustakaan yang memiliki 200 buku koleksi pribadi Andrea ini akan resmi dibuka pekan ini tanggal 8 Agustus 2010 di Pasar Rakyat Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

Andrea, dalam Harian Pagi Pos Belitung 4 Agustus 2010 mengatakan bahwa pendirian perpustakaan ini adalah impiannya sejak 3 tahun yang lalu. Beliau sangat berterima kasih karena banyak pihak yang membantu berdirinya perpustakaan ini salah satunya Kepala Desa Lenggang. ”Perpustakaan ini adalah untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali”, lanjut Andrea.

Rencananya, Andrea akan kembali menggelar konser musikalisasi puisi Laskar Pelangi tepat pada saat acara peresmian perpustakaan Laskar Pelangi nanti. Konser kedua ini akan dibuat lebih semarak lagi, karena dalam kesempatan kali ini Andrea akan melibatkan sejumlah pelajar SMU di Kecamatan Gantung untuk membacakan puisi bersama.

Selain itu, band akustik dan kesenian gambus dari Desa Batu Penyuk dan Desa Gantong ikut memeriahkan suasana malam nanti. ”Semua masyarakat boleh datang nanti pas acara peresmian baik dari Beltim atau dari Tanjong. Kalau ada pejabat yang mau datang ya silahkan tapi tidak ada tempat khusus karena semuanya sama-sama duduk lesehan,” papar Andrea. (Nie)

Sumber: Pos Belitung