Sabtu, 7 Agustus 2010 07:31

PENGURUS BADAN AMIL ZAKAT (BAZ) KABUPATEN BELITUNG PERIODE 2010-2013 BAKAL DILANTIK

Tanjungpandan---Pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Belitung periode 2010-2013 bakal dilantik pada Senin, Tanggal 9 Agustus 2010 di Ruang Sidang Kantor Setda Kabupaten Belitung.

Pelantikan ini berdasarkan keputusan Bupati Belitung Nomor:188.45/231/KEP/VI/2010 Tanggal 23 Maret 2007 tentang susunan kepengurusan Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Belitung masa bhakti 2010-2013 dengan mempedomani Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 581 Tahun 1999 tentang Pelaksanaan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat.

Badan Amil Zakat (BAZ) mempunyai tugas pokok untuk mengumpulkan,mendistribusikan dan mendayagunakan zakat sesuai dengan ketentuan agama, dan dalam melaksanakan tugasnya Badan Amil Zakat bertanggung jawab kepada Pemerintah sesuai dengan tingkatannya.

Tujuan pengelolaan zakat adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penunaian dan pelayanan ibadah zakat, meningkatnya fungsi dan peranan pranata keagamaan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial, serta meningkatnya hasil guna dan daya guna zakat.

Zakat berasal dari kata zaka yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, atau berkembang. Arti terminologi syariat, zakat adalah nama bagi sejumlah harta yang telah mencapai nishab/hitungannya yang diwajibkan Allah SWT untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya. Pondasi Islam (rukun Islam) mengurutkan zakat pada bagian yang ke-4, yang wajib dikerjakan bagi mereka yang mengaku beragam Islam. Rasulullah Saw bersabda:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. ia berkata: Rasulullah SAW telah memfardhukan zakat fithrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan keji untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum shalat, maka ia berarti zakat yang diterima dan barang siapa yang mengeluarkannya sesudah shalat 'ied, maka itu berarti shadaqah seperti shadaqah biasa.

Adapun keutamaan zakat, infaq dan shadaqah, diantaranya bisa meredam kemurkaan Allah SWT terhadap seorang hamba, memperlancar rizki, menghapuskan kesalahan seorang hamba, mendapatkan perlindungan dan naungan Arsy di hari kiamat, serta sebagai obat bagi berbagai macam penyakit baik penyakit jasmani maupun rohani.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung