Sabtu, 7 Agustus 2010 08:59

MENKO PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA HATTA RAJASA TINJAU PELABUHAN TANJUNG BATU

Sabtu, 7 Agustus 2010 sekitar pukul 10.35 WIB Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia tiba di Bandara H.AS. Hananjoeddin Buluh Tumbang. Ikut serta dalam rombongan Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan yang disambut langsung oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein beserta beberapa pemimpin parpol di Kabupaten Belitung.

Setibanya di Belitung, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan langsung bertolak ke Pelabuhan Tanjung Batu untuk melakukan peninjauan terkait layak atau tidaknya pelabuhan tersebut sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui berbagai forum, di dalam maupun di luar daerah (Pusat).

Terkait dengan maksud tersebut, sesaat usai peninjauan berlangsung dalam konferensi persnya Hatta Rajasa menjelaskan bahwa  Tanjung Batu memiliki prospek. Berikut  petikan pernyataan Hatta Rajasa tentang Pelabuhan Tanjung Batu.

”Saya rasa pelabuhan itu memiliki prospek. Kalau kita tidak membangun  atau mempersiapkan pelabuhan dengan baik, maka sulit untuk berkembang. Jadi, pelabuhan itu menjadi vital untuk dibangun. Saya kira itu bisa kita kembangkan menjadi kawasan industri di Daerah Belitung. Sekarang kan sudah ada pengajuan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), kita sekarang sedang dievaluasi di Pusat. Kalau saya lihat itu, itu bisa saja menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang terpadu. Syaratnya memang investor harus ada, infrastrukturnya  harus ada. Kalau melihat infratruktur dan lain sebagainya itu tidak ada masalah, tinggal lagi bagaimana nanti kita mengundang para investor untuk didaerah tersebut”.

Selanjutnya mengenai kesan terhadap Pulau Belitung, Negeri Laskar Pelangi, Hatta Rajasa mengatakan bahwa kunjungannya ke Belitung merupakan kali pertama dan potensial untuk dikembangkan. ”Pulau Belitung  ini, saya baru pertama menginjaknya, saya kira pulau yang bisa, dikembangkan menjadi daerah yang bisa berbasis kepada bahari, apakah perikanannya, apakah sumber-sumber kelautannya atau wisata baharinya bisa dikembangkan” jelas Hatta Rajasa.  (Humas)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung