Senin, 9 Agustus 2010 09:21

SEBANYAK 90 TPA SE-BELITUNG WISUDA SANTRINYA

Tanjungpandan—Sabtu, Tanggal 7 Agustus 2010, Gedung Serba Guna yang terletak tak jauh dari Kantor Bupati Belitung ramai dipadati ratusan santri yang akan diwisuda pada pelaksanaan Wisuda Santri TPA Ke-IX se-Kabupaten Belitung yang berasal dari 90 TPA Se-Belitung dari total keseluruhan sebanyak 150 TPA yang ada di Kabupaten Belitung. Sebanyak 626 santri tampak hadir didampingi orang tua, saudara dan keluarga yang tampak tak sabar menanti prosesi wisuda berlangsung. Para santri secara bergantian diwisuda oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos.

Para wisudawan ini adalah santri TPA yang telah mengikuti munaqosah (ujian) berjumlah sebanyak 754 orang, namun yang dinyatakan lulus sebanyak 626 santri. Sedangkan sisanya dinyatakan tidak lulus karena dinilai belum layak, mengingat ada materi-materi yang vital seperti bacaan sholat, kata Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) Kabupaten Belitung, Kasimin.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan, pentingnya pengajaran Al-Quran yang dimulai sejak dini, telah menjadi komitmen kita semua dalam upaya menciptakan generasi bangsa agar memiliki nilai-nilai moral agama yang kuat. Al-Quran memberikan petunjuk bagi kita dalam mencapai kesusksesan di dunia maupun di akhirat.

Selanjutnya berkenaan dengan Program pemberantasan buta aksara Al-Quran adalah program Pemkab Belitung. Oleh sebab itu, Bupati mengucapkan banyak terima kasih serta berdoa bagi ustad dan ustadzah yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengembangkan pemahaman dan pembacaan Al-Quran. Bupati berharap “mudah-mudahan wisuda ini merupakan langkah-langkah anak yang baik untuk memasuki hidup”, kata Bupati.

Disela-sela acara, Bupati juga mengumumkan 10 nama santri TPA terbaik pada penyelenggaraan wisuda kesembilan ini. Para santri berhak mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang pembinaan. Kesepuluh wisudawan ini merupakan calon kuat yang akan dikirim ke Festival Anak Sholeh yang akan berlangsung pada Desember 2010 mendatang. Dalam acara ini para santri dituntut untuk unjuk kebolehan, diantaranya dengan membaca Al-Quran, syair dan do’a.***dk

DAFTAR 10 SANTRI  TPA TERBAIK PADA WISUDA
KE-IX TAHUN 2010
1. Gusti Purnamasari (TPA Faturrohman Air Saga)
2. Selpiya Elisa (TPA Nurul Huda Badau)
3. Anisa Dwi Tantia (TPA Faturrohman Air Saga)
4. Selvita Azkiyah (TPA Faturrohman Air Saga)
5. Luqiana Rizky (TPA Faturrohman Air Saga)
6. Ferwinda Lestari (TPA Al Mihrab Marakas)
7. Risti anggraeni (TPA Faturrohman Air Saga)
8. Gery Handika (TPA Faturrohman Air Saga)
9. Ciara Anzia (TPA Faturrohman Air Saga)
10. Dana Anugerah (TPA Al Ikhlas)

Sumber: Panitia wisuda