Selasa, 10 Agustus 2010 09:39

“KEMILAU SUMATERA” TAHUN 2010

Pangkalpinang --- Promosi wisata akhir-akhir ini memang menjadi topik andalan untuk sebagian besar daerah di Negeri Indonesia tercinta ini. Namun perkembangan wisata tidak akan terlepas dari yang namanya promosi. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dengan terselenggaranya “Kemilau Sumatera tahun 2010” di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Tanggal 24-27 Juli 2010 yang bertempat di Lapangan Merdeka, Pangkal Pinang.

Selain itu Festival Serumpun Sebalai, Festival Gasing, Dialog Gasing, Festival Barongsai dan Pameran Potensi Kepariwisataan Daerah ikut memeriahkan acara tersebut. Dari 20 stand pameran yang ada, bukan hanya saja dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, namun ada juga dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat,  Riau, Kabupaten Kerinci, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan kalangan swasta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi melaporkan, bahwa Festival Serumpun Sebalai ini diikuti 24 tim dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Kota Palembang, Kota Pagaralam dan Sulawesi Selatan. Sedangkan Festival Gasing diikuti 55 peserta. Selain dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat juga peserta dari Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sumatera Barat, ditambah peserta pada Festival Barongsai yang diikuti sebanyak 19 team.

Dalam kesempatan yang sama, Kabupaten Belitung juga mengirimkan tim Barongsai dan tim Gasing yang berhasil keluar sebagai juara. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Belitung turut menjadi peserta dari salah satu stand pameran yang ada. Beberapa jam sebelum acara pembukaan dimulai, stand dari negeri Laskar Pelangi ini sudah banyak dikunjungi masyarakat. “kita sangat antusias ingin melihat-lihat stand dari Belitung, karena kita tahu produk KUMKM dan pesona wisata dari Belitung pasti mampu menarik perhatian” ujar salah satu pengunjung yang berasal dari Bangka Barat.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Syamsuddin Basari, S.Sos, M.Si dalam penutupan acara mengatakan bahwa suksesnya acara ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat itu sendiri. “Ini bisa dijadikan modal berharga untuk iklim investasi, khususnya kepariwisataan guna pengembangan ekonomi di Bangka Belitung. Selain itu, apresiasi masyarakat terhadap rangkaian kegiatan festival ini cukup baik. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk menghadiri dan menyaksikan kegiatan yang sedang berlangsung” ujar Basari.***(Nie)

PENYAJI TERBAIK
1 Sanggar Astari - Pangkalpinang
2 Sanggar Gerbang Emas - Kab. Bangka
3 Sanggar Kampus - Kab. Bangka Barat
4 Sanggar Dulang Kencana - Pangkalpinang

PENATA TARI TERBAIK
1 Sanggar Astari - Pangkalpinang

PENATA MUSIK TERBAIK
1 Wanda Sona - Kab. Bangka

PENATA KOSTUM TERBAIK
1 Sanggar Astari - Pangkalpinang

FESTIVAL GASING REGU PUTERA
1 Provinsi Riau
2 Kabupaten Bangka Tengah
3 Kabupaten Bangka Barat

FESTIVAL PERORANGAN PUTERI
1 Julia - Kab. Bangka
2 Menik - Palembang
3 Fatmawati - Kab. Bangka Barat

KEJUARAAN URI GASING BESAR
1 Kab. Bangka Tengah
2 Kabupaten Belitung
3 Kab. Belitung Timur

FESTIVAL BARONGSAI KATEGORI LANTAI MURNI
1 Asosiasi Bela Diri Wing Cung Indonesia Tim A - Jakarta
2 Himpunan Cinta Teman - Padang
3 Asosiasi Bela Diri Wing Cun Indonesia Tim B - Jakarta

H-I   Himpunan Bersatu Teguh - Riau
H-II  Tim Seni Bela Diri Tjo Subio - Tanggerang
H-III Grup Singa Selatan Tim B - Belitung Timur

FESTIVAL BARONGSAI KATEGORI SEMI LANTAI
1 Singa Mas Sakti Tim A - Kabupaten Belitung
2 Makin Tim A - Belitung Timur
3 Asosiasi Bela Diri Wing Cun Tim A - Jakarta

H-I   Singa Mas Sakti Tim B - Belitung Timur
H-II  Singa Mas Sakti Tim C - Belitung Timur
H-III Singa Selatan Tim B - Belitung Timur


Sumber: www.babelprov.go.id