Rabu, 11 Agustus 2010 02:47

BERUNTUNGNYA BELITUNG MENJADI DESTINASI SAIL INDONESIA

Tanjungpandan, Dalam  menanggapi pernyataan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Ishak Holidi beberapa waktu lalu pada Harian Pagi Pos Belitung 8 Agustus 2010 yang mengatakan ” Sail Indonesia yang diadakan di Belitung ini hanyalah pemborosan”, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh menjelaskan ”justru kegiatan seperti ini merupakan ajang promosi pariwisata Belitung ke dunia internasional dan ini merupakan moment yang harus dimanfaatkan untuk mengenalkan Belitung”. ”Memang dalam promosi tidak akan secara spontan keluar sekian manfaatnya, duitnya akan kembali ke sini. Dampaknya berjenjang” papar Sahani pada Harian Pos Belitung 10 Agustus 2010.

Sebagai bukti nyata, Galeri KUKM Belitung dalam satu bulan bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dan itu berarti UMKM di Kabupaten Belitung terhidupi. Sahani melanjutkan ”wisatawan yang datang ke Belitung tidak hanya karena Laskar Pelangi semata. Tetapi lebih dari itu, Laskar Pelangi dan Sail Indonesia yang memang mendunia saling bersinergi menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Belitung”.

Untuk bisa menjadi daerah destinasi, Sail Indonesia sungguhlah tidak mudah. Saat rapat di Marina beberapa waktu lalu, Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Edy Suprapto, SH mengatakan bahwa banyak daerah yang mengusulkan untuk menjadi daerah destinasi Sail Indonesia. Diantaranya Sabang dan Semarang. Maka dari itu beruntunglah Kabupaten Belitung berhasil menjadi destinasi Sail Indonesia.

”Untuk kegiatan promosi seperti itu sangatlah mahal. Sebagai contoh, dalam pemasangan baliho di Bandara Soekarno Hatta Jakarta saja biaya kontraknya mencapai Rp.2 miliar/tahun. Itu baru memasang baliho, apalagi kalau sengaja mendatangkan orang-orang luar. Sedangkan di Sail Indonesia itu orangnya sudah ada” kata Edy yang didampingi Mantan Sekretaris Panitia Sail Indonesia 2007-2009 Suharyanto seperti yang dilansir di Harian Pos Belitung 10 Agustus 2010.

Demi mendapatkan payung hukum secara nasional, Bupati Belitung H. Darmansyah Husein sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Indonesia (PNSI) 2010-2013 telah mengajukan surat untuk penyelenggaraan Sail Belitung Tahun 2011.

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Sekretaris Panitia Sail Indonesia 2007-2009 Suharyanto mengatakan ”dengan Belitung menjadi daerah destinasi Sail Indonesia, banyak pelajaran tentang pariwisata Internasional yang didapat. Belitung jadi mengerti bagaimana pengelolaan pariwisata yang sebenarnya seperti misalnya CIQ, guide dan hal-hal lainnya”.

Suharyanto menuturkan, tak dipungkiri suksesnya film Laskar Pelangi juga membawa efek positif terhadap pariwisata Belitung. Tetapi sesungguhnya pariwisata Belitung maju karena promosi pariwisata seperti Laskar Pelangi, Sail Indonesia bahkan melalui website seperti belitungisland.com dan travel agent lainnya yang saling bersinergi.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, adanya Sail Indonesia meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, saat Sail Indonesia berlangsung efek positifnya bisa terasa oleh banyak pihak seperti hotel, mobil rental, rumah makan dan juga pedagang. (Nie)

DATA ARUS KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG
TAHUN 2009

DATA ARUS KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG
HINGGA MARET 2010


Sumber: Harian Pagi Pos Belitung & Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung







Sumber: Pos Belitung