Rabu, 11 Agustus 2010 07:46

MENPAN SETUJUI 272 FORMASI CPNS BELITUNG

Tanjungpandan --- Seperti yang terlansir pada Harian pagi Pos Belitung  Rabu 11 Agustus 2010, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) menetapkan sebanyak 272 dari 919 formasi yang diusulkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung pada penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2010.

Ita Wahyuni, selaku Kepala BKD Kabupaten Belitung pada Harian Pagi Pos Belitung Rabu 11 Agustus 2010 mengatakan ”ke-272 CPNS yang rencananya masuk jajaran pegawai di lingkungan kerja Pemkab Belitung tersebut untuk menambah kekurangan jumlah pegawai negeri yang ada serta menggantikan pegawai yang pensiun pada tahun ini”.

Perihal pengurangan jumlah formasi yang disetujui Menpan dibandingkan dengan yang diajukan BKD, maka kekurangan tenaga PNS di lingkungan Pemkab Belitung sangatlah banyak. Namun kekurangan tersebut akan diajukan lagi oleh BKD pada anggaran tahun depan bila penerimaan CPNS masih dilanjutkan. ”Idealnya seperti kemarin yang kita ajukan. Kalau masih ada kita ajukan lagi tahun depan untuk kekurangannya,” ujar Ita.

Pengurangan yang dilakukan Menpan berdasar pada analisis Nasional, sehingga angka formasi yang dikabulkan berbeda dengan angka formasi yang diajukan oleh BKD. Sedangkan BKD sendiri mengajukan formasi berdasar pada kemampuan keuangan daerah, jumlah tenaga PNS yang ada, jumlah masyarakat yang harus dilayani serta angka pensiun PNS pada tahun yang sama.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Surahmat menjelaskan bahwa dari formasi sebanyak 272 yang disetujui Menpan, termasuk juga pengangkatan tenaga honorer daerah.
Sumber: Pos Belitung