Rabu, 11 Agustus 2010 07:48

Wagub Resmikan Galeri Sejarah Melaka

Pangkalpinang- Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Syamsuddin Basari berharap dengan adanya kerjasama pendirian museum dan galeri agar dapat terus dibina dan dikembangkan. Menurut Wagub negeri Melaka merupakan salah satu tempat dimana museum dan galeri telah berkembang baik, sehingga keberadaan galeri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Melaka dapat menjadi informasi tentang Potensi yang dimiliki oleh Provinsi Bangka Belitung, ungkapnya, seperti yang dilansir dari www.babelprov.go.id.

Acara peresmian Galeri Melaka di tandai dengan Penandatangan Prasasti serta ditandai dengan penguntingan pita yang dilakukan langsung oleh Ketua Menteri Melaka/Presiden Melaka DMDI, Datuk Seri Haji Mohd Ali Bin Mohd Rustam, dengan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Syamsuddin Basari, yang berlangsung pada Sabtu, Tanggal 7 Agustus 2010 di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pendirian Galeri Sejarah Melaka di Provinsi Kepulaun Bangka Belitung merupakan bagian kerjasama antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Negeri Melaka dalam upaya memajukan dan mengembangkan kebudayaan dan kepariwisataan, demikian halnya dengan adanya Galery Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga telah disediakan tempat oleh pihak negeri Melaka, tepatnya di Museum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Melaka.

Selain Peresmian Galeri Melaka, dalam acara juga berlangsung penandatangan Nota Kesepahaman antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Negeri Melaka dalam bentuk kerjasama bidang  Pendidikan dan Pariwisata.
Untuk kerjasama bidang Pendidikan, penandatangan Mou dilakukan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Rivai dengan Datuk Saroni Judi dari Key Way Internasional.

Sementara untuk penandatangan Mou bidang  Pariwisata secara langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi dengan Datuk Zulkifli bin Muhammad. Selain itu berlangsung pula Pemberian Cinderamata antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Negeri Melaka yang dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam Galeri Melaka.

Ketua Menteri Melaka/Presiden Melaka DMDI, Datuk Seri Haji Mohd Ali Bin Mohd Rustam mengatakan kerjasama yang dilakukan bidang Pariwisata tersebut guna meningkatkan jumlah pelancong berkunjung, baik berkunjung ke Negeri Melaka maupun ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga kerjasama tersebut lebih jauh dapat meningkatkan kepariwisataan yang lebih baik, jelasnya.

Sedangkan kerjasama bidang Pendidikan menurutnya diharapkan dapat saling bertukar informasi masalah pendidikan, seperti pertukaran pelajar, baik Pelajar Negeri Melaka belajar ke Provinsi Bangka Belitung maupun sebaliknya Pelajar Bangka Belitung belajar ke Negeri Melaka.

Menurutnya Galeri merupakan tempat untuk menyimpan, mengumpul serta memamerkan warisan sejarah masyarakat melayu seluruh dunia, sehingga dapat menjadi suatu pandangan sejarah bagi generasi yang akan datang, jelasnya.
Lebih jauh ia berharap dengan telah diadakannya kerjasama dibidang Pendidikan dan Pariwisata, selanjutnya agar program-program tersebut dapat memajukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Negeri Melaka.***dk
Sumber: www.babelprov.go.id