Jum'at, 13 Agustus 2010 08:09

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BELITUNG BERENCANA MEMBUKA SMK PARIWISATA

Tanjungpandan --- Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung berencana akan membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program studi pariwisata di Kabupaten Belitung. Dengan akan didirikannya SMK pariwisata ini, kepariwisataan Kabupaten Belitung bakal bertambah maju. Tujuannya bisa mencetak tenaga SDM di bidang pariwisata yang siap pakai.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Rafeli dalam Harian Pagi Pos Belitung Edisi Jum’at 13 Agustus 2010 mengemukakan, rencana untuk membuka SMK program pariwisata sebenarnya sudah lama. Hanya saja untuk merealisasikannya tidaklah gampang. Pertama, SMK program pariwisata harus punya kultur tertentu dan yang Kedua adalah berkaitan dengan sarana dan prasarana serta guru.

Pembangunan SMK pariwisata ini diputuskan untuk membangun unit baru dengan alternatif dua pilihan lahan yaitu di Batu Itam dan Bebute, yang keduanya berada di Kecamatan Sijuk. “Jadi kita sudah laporkan ke Pak Bupati. Kalau kami melihat Pak Bupati setuju. Kami melihat kedua-duanya bagus untuk pendidikan. Terutama di Bebute yang ada kawasan pantainya, ada kawasan air tawar. Satu lagi di Batu Itam,”kata Rafeli.

SMK ini nantinya akan dibuka tiga program studi yaitu jurusan perhotelan, tata boga dan perjalanan wisata. Rafeli manambahkan program ini dibuat dalam rangka menyambut suksesnya pariwisata di Belitung guna menyediakan SDM-SDM di bidang pariwisata.


Sumber: Pos Belitung