Rabu, 18 Agustus 2010 08:38

NARAPIDANA KELAS II B TANJUNGPANDAN MENERIMA REMISI DALAM RANGKA HUT RI KE-65

Tanjungpandan - - - Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-65, sebanyak 71 narapidana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II B Tanjungpandan menerima remisi secara langsung berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor W30.1325-PK.01.02 TAHUN 2010 yang diumumkan dalam acara Upacara Pemberian Remisi kepada narapidana Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-65 Tanggal 17 Agustus 2010 di Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Tanjungpandan Cerucuk, Selasa (17/8).

Tiga napi secara langsung mendapatkan remisi umum II atau bebas terhitung dan 68 sisanya mendapat pengurangan hukuman satu bulan hingga 6 bulan. Dari 68 napi tersebut satu napi mendapatkan remisi 6 bulan, tiga napi remisi 5 bulan, enam napi remisi 4 bulan, 22 napi remisi 3 bulan, lima napi remisi 2 bulan dan 21 napi remisi satu bulan. Sementara itu sejumlah napi dan tahanan lainnya tidak mendapatkan remisi karena tidak memenuhi syarat. Namun lapas sudah mengusulkan sebanyak 85 orang.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein menyebutkan pemberian remisi jangan dianggap sebagai suatu bentuk kemudahan – kemudahan bagi warga binaan permasyarakatan untuk cepat bebas, akan tetapi pemberian remisi harus dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan memotivasi diri sehingga dapat mendorong Saudara kembali memilih jalan kebenaran. “Pemberian remisi dimaksud hendaknya dapat dijadikan semnagat dan tekad bagi warga binaan untuk mengisi hari – hari menjelang bebas dengan memperbanyak karya dan cipta yang bermanfaat bagi sesama, juga sekaligus sebagai persiapan diri dengan kesungguhan hati untuk tidak melanggar hukum lagi sehingga akan sangat mendukung dan menunjang keberhasilan Saudara dalam berintegrasi dengan masyarakat tempat dimana Saudara akan kembali” ucap Darmansyah.

Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan remisi merupakan salah satu program pembinaan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada narapidana untuk segera dapat berintegrasi dengan masyarakat. Remisi juga merupakan instrumen yang dapat memodifikasi perilaku narapidana untuk selalu berbuat baik selama menjalani pidana didalam Lembaga Permasyarakatan (Lapas), karena salah satu persyaratan untuk mendapatkan remisi adalah narapidana harus berkelakuan baik.

Darmansyah juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh warga binaan permasyarakatan yang telah membangun kesadaran dan kesabaran dalam menjalani proses pembinaan. Percayalah, bahwa kesadaran dan kesabaran saudara merupakan sebuah titik awal yang akan menghantarkan saudara menuju kehidupan yang lebih baik dan sempurna. Tetaplah mengembangkan jiwa tulus untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bupati Belitung Ir. Darmansyah Husein juga memberikan bantuan sosial kepada para napi yang dapat langsung bebas terhitung 17 Agustus 2010. Turut hadir dalam acara ini 156 narapidana dan tahanan Lapas Kelas II B Tanjungpandan, unsur Muspida Kabupaten Belitung, jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan para undangan lainnya yang hadir dalam dalam kesempatan ini.**Mitha
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung


Berita Lainnya