Rabu, 18 Agustus 2010 08:44

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI RI KE-65 DI KABUPATEN BELITUNG

    ”Pengukuhan ini juga secara simbolis dan secara hakiki meletakkan Sang Saka Merah Putih pada letaknya yang terhormat. Dengan demikian berarti kita juga telah menghormati  para pendahulu, para pahlawan dan pejuang bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 65 tahun silam”. Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein sesaat setelah mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Belitung Tahun 2010, bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, Senin 16 Agustus 2010, Pukul 04.00 WIB.

    Pengukuhan Anggota Paskibraka Kabupaten Belitung 2010 ini sekaligus menandai dimulainya rangkaian  Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia ke-65 di Kabupaten Belitung Tahun 2010. Selanjutnya menjelang pergantian hari Tanggal 17 Agustus 2010, para pejabat  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Satria Tumbang Ganti-Perawas yang dipimpin langsung Dandim 0414 Kabupaten Belitung Letkol Czi. Jangkung Widyanto. Renungan Suci ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, beserta seluruh Unsur Muspida Kabupaten Belitung.

    Puncak Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke-65 dilakukan dengan mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Belitung Tahun 2010. Anggota Paskibraka Kabupaten Belitung ini merupakan putera-puteri pilihan terbaik dari para pelajar SLTA se-Kabupaten Belitung.

    Upacara berlangsung khidmat dipimpin langsung oleh Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein selaku Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara Ipda Rio Tobing. Tiga anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera yaitu Gery Adhitiya Belatama (SMAN 1 Tanjungpandan), Hary Sabtian (SMKN 2 Tanjungpandan) dan Frederikus Anggorius (SMAN 1 Tanjungpandan).     
 
    Peringatan HUT RI Ke-65 tahun ini juga dilakukan dengan Upacara Pemberian Remisi Umum Kepada Narapidana dan Anak Pidana, bertempat di Lapas –Cerucuk. Terdapat 71 orang narapidana yang mendapat remisi tahun ini. 
   
Sore harinya, kembali digelar Upacara Penurunan Bendera yang dipimpin kembali Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein selaku Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara Kapten (POM) Geovani dari Pangkalan TNI AU  Tanjungpandan.

    Seluruh rangkaian Peringatan HUT RI ke-65 ditutup dengan digelarnya  resepsi di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, Pukul 21.00 WIB yang dihadiri oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein didampingi Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, beserta seluruh unsur muspida Kabupaten Belitung, para orangtua anggota Paskibraka Kabupaten Belitung, tokoh agama/masyarakat/pemuda Kabupaten Belitung, para veteran, pers dan tamu undangan lainnya.


    Sejatinya, pembangunan karakter bangsa haruslah dimulai dari diri sendiri sehingga kemudian diharapkan dapat terus menyebar dan meluas pada komunitas yang lebih besar lagi. Dengan ridho Allah SWT, insyaallah bangsa kita dapat tumbuh menjadi bangsa yang maju, sejahtera. dan bermartabat.

    Bangsa Bermartabat” membutuhkan kesanggupan kita semua untuk senantiasa menata hati, ahklak, iman dan spiritualitas yang tinggi agar senantiasa melakukan dan membuat keputusan yang benar, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain dengan mengharap ridho dari Allah SWT yang dilandasi dengan keikhlasan hati.

    Karena bermartabat” adalah makna kemerdekaan dalam arti sesungguhnya. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-65.MERDEKA.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung