Senin, 23 Agustus 2010 05:01

BUPATI: HITUNG KEWAJIBAN ZAKAT

Tanjungpandan — Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menghimbau umat Islam di Kabupaten Belitung untuk menghitung kewajiban zakat, baik zakat mal (harta) maupun zakat profesi. Apabila harta yang disimpan atau penghasilan yang diterima sudah memenuhi nisab, hendaknya zakat segera dikeluarkan.

Himbauan itu disampaikan Bupati Kamis (19/8) malam di hadapan jemaah Masjid Sabilil Muttaqin Dusun Air Raya Barat I, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, usai melaksanakan sholat isya, taraweh, dan witir bersama, dalam rangka Kunjungan Safari Ramadhan Bupati dan Unsur Muspida Kabupaten Belitung Tahun 1431 H/2010 M.

Selain Unsur Muspida, Wakil Bupati Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Drs H Imam Syafei, Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Belitung H Sayuti Rauf, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Belitung dan Kepala Desa Perawas Rahmat SY, hadir pula Komandan Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) Kolonel (Inf) Wiyarto, Komandan Kodim 0414 Belitung yang baru dilantik Letkol (Inf) Dadang Arif Abdurachman, serta beberapa Komandan Kodim di lingkungan Korem 044 Gapo.

Menurut Bupati, berkat sosialisasi yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Belitung, kesadaran umat Islam di daerah ini untuk melaksanakan kewajiban zakat sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari peningkatan zakat yang diterima BAZ Kabupaten Belitung, yang dari tahun ke tahun terus meningkat hingga mencapai hampir Rp 0,5 miliar.

Namun, dibandingkan dengan jumlah umat Islam Kabupaten Belitung yang sudah wajib zakat, angka tersebut sebenarnya masih kecil. ”Ketua BAZ kita, Pak Sayuti Rauf, heran, di Belitung banyak sekali pengusasa TI (tambang timah inkonvensional — Pen) yang sukses, namun zakat pertambangan hampir nihil,” tutur Bupati.

Karenanya Bupati menghimbau umat Islam Kabupaten Belitung yang sudah wajib zakat, baik zakat mal maupun zakat profesi, untuk segera menunaikan kewajiban zakatnya.

Zakat Fitrah
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Drs H Imam Sapei, dalam cemarah ramadhan yang disampaikan usai sambutan Danrem 044 Gapo Kolonel (Inf ) Wiyarto, mengatakan, seandainya zakat fitrah dikelola dengan baik, tidak terlalu sulit umat Islam di Kabupaten Belitung mencari dana untuk membangun masjid, misalnya.

”Saya pernah menghitung-hitung. Jumah umat Islam di Kabupaten Belitung sekitar 100 ribu jiwa. Setiap jiwa wajib membayar zakat fitrah 2,5 kilogram beras. Ambil saja harga beras kelas menengah Rp 6.000. Ini berarti, setiap tahun, dana yang bisa dihimpun dari zakat fitrah adalah 2,5 x Rp 6.000 x 100.000, sama dengan Rp 1,5 miliar, ” tuturnya.

Menurut Imam Sapei, ini merupakan potensi dana yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, seperti membangun masjid. ”Umat Islam tidak perlu lagi kesana-kemari minta sumbangan sambil membawa maf lusuh dalam keadaan cepek. Saking capeknya, kopiahnya sampai miring sebelah,” ujar mantan Kepala KUA Kecamatan Membalong itu diiringi tawah jemaah.

Karenanya dia mengajak umat Islam di Kabupaten Belitung untuk memenuhi kewajiban zakat fitrah melalui BAZ di wilayah masing-masing, sehingga dana zakat fitrah dapat dikelola dengan baik untuk kemaslahatan umat, seperti membiayai pembangunan masjid.

Petinggi TNI AD
Safari di Masjid Sabilil Muttaqin merupakan safari keenam Bupati dan Unsur Muspida Kabupaten Belitung Tahun 1431H/2010 M. Sebelumnya, mereka telah mengunjungi Masjid Nurul Huda, Desa Gunung Riting, Kecamatan Membalong; Masjid Al Ma’arij, Desa Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan; Masjid Al Hidayah, Dusun Kelekak Datuk, Desa Badau, Kecamatan Badau; Masjid Al Muhajirin, Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk; dan Masjid At Taubah, Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik.

Safari ini terasa istimewa oleh hadirnya para petinggi TNI Angkatan Darat (AD) beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana di lingkungan Korem 044 Gapo. Mereka ada di Kabupaten Belitung dalam rangka menghadiri serah terima jabatan Komandan Kodim 0414 Belitung dari pejabat lama Letkol (Czi) M Jangkung W kepada pejabat baru Letkol (Inf) Dadang Arif Abdurachman, yang berlangsung Kamis (19/8) siang di Markas Kodim 0414 Belitung.

Selain memberikan sambutan, Danrem 044 Gapo Kolonel (Inf ) Wiyarto berkenan memberikan bingkisan kepada Pengurus Masjid Sabilil Muttaqin dan uang santunan kepada Anak Yatim Panti Asuhan Nur Annisa Fitriani Tanjungpandan. (syafei)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung