Selasa, 24 Agustus 2010 08:29

Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Belitung di Lingkungan Pemkab Belitung, Tingkatkan Jalinan Silaturahmi dan Kepedulian Terhadap Sesama

Dalam rangka mengisi Bulan Ramdhan yang penuh barokah, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan melakukan kegiatan safari ramadhan di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung. Kegiatan safari ramadhan merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemerintah Kabupaten Belitung setiap tahun. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda wajib yang dilaksanakan dalam menyambut datangnya bulan penuh suci ramadhan.

Kegiatan safari ramadhan tahun ini berlangsung di Desa Gunung Riting, Desa Paal Satu, Desa Kelekak Datuk, Desa Badau, Desa Sijuk, Desa Petaling, Desa Perawas, Desa Padang kandis, Desa Lesung Batang, Desa Tanjung Binga dan Desa Cerucuk yang diisi dengan kegiatan berbuka puasa bersama, sholat magrib berjamaah, makan malam, sholat isya, tarawih berjamaah dan ceramah agama dalam rangka meningkatkan jalinan silaturahmi antar sesama.

Selain acara berbuka puasa bersama antara aparat Pemkab Belitung dengan masyarakat di desa, dalam safari ramadhan tersebut juga ada pemberian bantuan untuk masjid dan santunan untuk kaum dhuafa yang terdapat di setiap kecamatan.
Pelaksanaan safari ramadhan perdana berlangsung di kediaman Rumah Dinas Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos pada hari Selasa, Tanggal 10 Agustus 2010 yang diisi dengan kegiatan sholat magrib berjamaah, makan malam, shalat isya, tarawih berjamaah dan ceramah agama.

Selanjutnya di hari pertama Ramadhan Bupati Belitung Ir H. Darmansyah Husein bersilahturahmi ke Mesjid Nurul Huda Desa Gunung Riting Membalong, Kamis 12 Agustus 2010. kedatangan Bupati pada Safari Ramadhan yang berlangsung di Desa Gunung Riting diisi dengan pemberian bantuan BAZ dan bingkisan yang langsung diberikan pada pengurus mesjid Nurul Huda Yusman selaku Kepala Desa Gunung Riting. Meskipun Mesjid cukup penuh oleh masyarakat, acara tetap berlangsung khidmat yang diawali dengan berbuka bersama, Shalat Magrib, Shalat Isya dan Tarawih bersama.

Dalam sambutannya, Darmansyah mengatakan ”tujuan dari kegiatan ini adalah pengikat silaturahmi sesama muslim demi meningkatkan ikatan persaudaraan. Dalam hal ini kita janganlah memandang seberapa jauh jarak kita dengan saudara muslim kita, baik itu antarnegara apalagi antar kecamatan”. Bupati berharap, semoga ibadah di Bulan Ramadhan ini dapat menambah kesehatan kita semua selama satu bulan kedepan.

Sementara Kepala Kantor Departemen Agama Drs. H. Imam Syafei dalam ceramahnya menyampaikan ”pada Bulan Ramadhan yang penuh barokah ini semoga ibadah kita di terima oleh Allah SWT. Ibadah puasa ini merupakan ujian untuk meningkatkan kualitas kita sebagai manusia melalui kegiatan yang berpahala wajib ataupun sunat” papar Syafei.

Acara ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Sahani Saleh beserta Isteri, Assisten I bidang Pemerintahan Kabupaten Belitung B. Maiya Hasibuan, SH, Assisten II Bidang Ekbang Setda Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan, SE, M.AP, Assisten III bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, Danlanud, Unsur Muspida, SKPD Kabupaten Belitung beserta rombongan, Camat Membalong Adnizar, SH, Kepala Desa Gunung Riting Yusman dan masyarakat Desa Gunung Riting.
Safari Ramadhan terus berlanjut, Pada tanggal 15 Agustus 2010 kemarin, Masjid Al’Muhajirin Jl. Sekolah Desa Sijuk Kecamatan Sijuk mendapatkan giliran dikunjungi oleh Bupati Belitung yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Sahani Saleh, S.Sos  beserta rombongan Safari Ramadhan.

Kedatangan rombongan Safari Ramadhan kali ini disambut hangat masyarakat setempat yang terlihat memenuhi Masjid Al’Muhajirin. Kepala Desa Saidar, SH melaporkan bantuan BAZ sebesar 5 juta yang telah diterima Desa Sijuk akan diberikan langsung kepada 10 orang yang benar-benar kurang mampu dengan nominal 100 rb/orang serta 1 paket sembako. Selain BAZ, pemerintah Kabupaten Belitung juga memberikan bantuan berupa Tafsir Al’Quran dan sejadah sebanyak 1 paket.

Dalam sambutannya, Sahani memaparkan beberapa hal mengenai ekonomi pembangunan pemerintah Kabupaten Belitung. Sahani berharap Safari Ramadhan yang sudah berlangsung semenjak tahun 2003 ini akan terus menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan silaturahmi ke tahun-tahun mandatang, dan ekonomi pembangunan Belitung semakin membaik terutama di bulan suci yang penuh berkah ini. ”Saya yakin Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan dalam upaya membangun masyarakat yang lebih baik pula,” lanjut Sahani.

Drs. H. Huziadi Husein selaku penceramah di Safari Ramadhan kali ini, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap pengaruh buruk pergaulan sehari-hari yang mungkin tidak disadari.
Safari ramadhan kembali berlanjut ke masjid Al Muhajidin desa Padang Kandis Kecamatan Membalong, Jum’at, 20 Agustus 2010. Masjid al Muhajidin yang baru dibangun ini merupakan bukti kepedulian masyarakat padang kandis terhadap agama.
Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan dalam sebuah tata ruang masjid harus merupakan ”land mark” kampung tersebut, karena itulah sekurang-kurangnya atap masjid harus berbeda dengan atap-atap rumah pada umumnya.
Selanjutnya Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat padang kandis untuk menunjukan potensi daerah yang ada agar diatur sedemikian rupa karena makin banyak atraksi wisata yang ditunjukan maka semakin betah pula para wisatawan berdiam disuatu tempat, katanya.

Sementara penceramah Drs. H. Banyamin dalam tausiahnya menjelaskan kehadiran rombongan safari ramadhan bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dan ajang silaturahmi.
Dalam rangkaian acara ini, Bupati Belitung juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat Padang Kandis yang diserahkan melalui Kades Padang Kandis Wahyudi dari Badan Amil Zakat Kabupaten Belitung berupa uang, tafsir Al qur’an, dan sajadah gulung, dan zakat berupa paket sembako dan uang tunai untuk 10 ustadz di Padang Kandis.

Diharapkan melalui kegiatan safari ramadhan yang diselingi dengan siraman rohani, masyarakat dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga segala amal yang dilakukan melalui pemberian bantuan dan santunan kepada masyarakat kurang mampu dapat meringankan beban dan meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Rangkaian safari ramadhan akan ditutup dengan pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama di Lingkungan Pemkab Belitung yang akan berlangsung pada Kamis, Tanggal 26 agustus 2010 di Gedung Serba Guna.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung