Selasa, 24 Agustus 2010 08:31

GOR DAN STADION PERLU DIKELOLA LEBIH BAIK

Tanjungpandan ---- Gedung Olahraga (GOR) dan Stadion Tanjungpandan yang menjadi salah satu fasilitas untuk beberapa cabang olahraga berlatih, saat ini terlihat kurang terawat dan kumuh yang terletak di Jalan Jend. A. Yani, Tanjungpandan.

Kurang terawatnya fasilitas tersebut terlihat dari dinding bagian depan GOR yang terlihat kusam karena terkena rembesan air hujan dari atap yang bocor. Selain itu kaca loket pecah, dinding disekeliling GOR penuh coretan yang tidak hanya menggunakan cat semprot, juga berupa goresan ke dalam dinding dan sampahpun berserakan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Belitung, Junaidi M Tamim dalam Harian Pagi Pos Belitung Edisi Selasa, 24 Agustus 2010 mengatakan sangat prihatain pada kondisi dua gedung olahraga itu. Sebagai aset milik daerah, stadion dan GOR seharusnya dirawat. Ia mengatakan, pembangunan gedung olahraga seharusnya dibarengi dengan manajemen pengelolaan yang baik. Oleh karena itu perlu ada Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) yang mengelola GOR dan stadion.

Belitung seharusnya bersyukur memiliki gedung olahraga seperti GOR dan stadion. Menurut Junaidi, kedua gedung itu sudah cukup mewakili gambaran sebuah sport center. Pemeliharaan rutin lebih menghemat anggaran ketimbang kita harus merehap ataupun membangun gedung olahraga yang serupa. Hasilnya akan lebih maksimal untuk membuat tempat latihan yang representatif untuk pembinaan atlet.

Dengan dirawatnya kedua gedung tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pungutan uang sewa gedung bisa dimaksimalkan bila kondisinya terawat. Dengan begitu akan banyak pihak yang tertarik untuk menyelenggarakan pertandingan olahraga.

Banyaknya kompetisi yang digelar akan membantu Belitung dalam pembinaan atlet. Ia pun menyarankan agar kedua gedung tersebut dikelola oleh dinas yang sesuai atau terkait seperti Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Belitung.
Sumber: Pos Belitung