Selasa, 24 Agustus 2010 08:32

BUPATI TINJAU AREAL HUTAN KONSERVASI GUNUNG LALANG

Tanjungpandan—Kabupaten Belitung memiliki satu areal kawasan hutan konservasi yang terletak di Gunung Lalang, Desa Perawas Kacamatan Tanjungpandan. Kawasan hutan ini merupakan kawasan hutan kota karena letaknya masih berada dalam Kecamatan Tanjungpandan yang merupakan pusat kota Kabupaten Belitung.

Dalam rangka melihat dan mengamati langsung kondisi real hutan serta perkembangan hutan konservasi di Kabupaten Belitung, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein melakukan peninjauan langsung ke areal dimaksud pada Minggu, Tanggal 22 Agustus 2010. Turut hadir dalam peninjauan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Ir Arfani dan LSM Green Belt Syamsi Usman beserta segenap anggota.

Perjalanan menuju kawasan hutan konservasi ini menempuh jarak sekitar 10 km. Kendati keberadaan medan jalan menuju lokasi licin, becek dengan dikelilingi gunung lalang, namun hal tidak menyurutkan niat rombongan untuk meninjau lokasi hutan tersebut. Hutan konservasi Gunung Lalang yang direncanakan akan dibangun semacam kawasan wisata hutan kota memiliki luas sekitar 2.950 hektar.

Pemandangan disekitar kawasan hutan menyuguhkan suasana keindahan hutan yang masih alami, di mana masih dijumpai kicauan burung dan suara fauna hutan ditambah sejuknya udara serta hijaunya dedaunan dihiasi embun menambah semarak dan asrinya kawasan ini. Hal ini tentunya menjadikan suasana ini sebagai pengganti rasa lelah.

Untuk membangun lingkungan tentunya membutuhkan waktu yang  panjang, tidak seperti halnya pembangunan fisik yang mana hasilnya dapat diketahui langsung. Dalam hal ini dibutuhkan kesadaran baik dari pemerintah maupun masyarakatnya sendiri, salah satunya melalui upaya pengoptimalan program One Man One Tree atau dikenal dengan satu orang satu pohon yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu, terutama untuk memanfaatkan lahan kosong atau kritis termasuk dengan tidak hanya menanamnya saja, akan tetapi perlu diperhatikan pula bagaimana pemeliharaannya.

“Kita tidak hanya menanam melainkan mesti memeliharanya juga, jadi bila diketahui ada pohon yang mati agar segera ditanami kembali,” hal ini seperti diungkapkan Bupati saat pelaksanaan Sosialisasi one man one tree yang berlangsung pada Jum’at, Tanggal 13 November 2009 yang lalu dalam rangka Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia Tanggal 28 November 2008 dan Bulan Menanam Pohon Nasional pada bulan Desember di Cibinong, Bogor.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung