Selasa, 7 September 2010 09:13

JELANG HARI RAYA, BUPATI DAN WABUP LAKUKAN PENINJAUAN

Tanjungpandan—Menjelang Hari Raya Idul fitri 1431 H/2010 M, persediaan stok sembako dipastikan aman dan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Belitung sampai dengan dua hingga tiga bulan ke depan. Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Belitung, Ir H Darmansyah Husein didampingi oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos usai melakukan peninjauan persediaan semabako yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung sekitar pukul 09.00 WIB pada Selasa, Tanggal 7 September 2010.

“Belitung aman untuk persediaan sembako”, tegas Darmansyah disela-sela peninjauannya di beberapa titik lokasi yang merupakan gudang persediaan sembako milik Rudiman. Hal ini dibenarkan oleh Rudiman. “Di gudang ini dipastikan stok beras aman dan tercukupi untuk masyarakat. Jumlah itu diperkirakan masih mencukupi hingga beberapa bulan mendatang”.

Peninjauan ini diikuti pula oleh Unsur Muspida Kabupaten Belitung, Kadin Perindagkop Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, Kadin Kebersihan, Pengelolaan Pasar dan Pertamanan Harry Taruna, Camat Tanjungpandan M.Aidin Dahri, Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Edy Suprapto, SH serta insan pers.Titik lokasi yang ditinjau pada kesempatan ini antara lain: gudang milik Rudiman, gudang milik Kasim Santosa alias Asing, gudang Bulog, dan Toko Arifin.

Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan langsung terhadap harga daging sapi dan ayam serta kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya seperti, harga cabe, bawang, dan bumbu dapur lainnya. Sesekali dalam peninjauannya Bupati Belitung dan Wabup berdialog dengan para pedagang mengenai daya beli masyarakat Belitung pada tahun ini. Dikatakan oleh salah satu pedagang ayam (sebut saja Budi) bahwa permintaan masyarakat akan daging ayam tahun ini cenderung menurun dibandingkan dengan permintaan atas daging sapi. Sebagian besar pasokan ayam pedaging didatangkan dari Pulau Bangka. Sampai saat ini Budi menjual ayamnya seharga Rp 38.000,00/kg.

Sementara itu harga daging sapi berkisar antara Rp 85.000,00-Rp 90.000,00/kg pada H-3 hari ini. Bupati Belitung berharap agar para pedagang tidak menaikkan harga melebihi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung. ”Semuanya harus didalam kontrol kita semua dan sesuai dengan daya beli masyarakat”, ujar Darmansyah Husein.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung