Rabu, 15 September 2010 09:12

POHON NANAS BERBUAH DUA

Tanjungpandan—Keunikan terjadi pada sebatang pohon nanas milik Pak Arif yang terletak di Desa Badau yang memang dikenal sebagai desa penghasil nanas di Kabupaten Belitung. Keunikan tanaman nanas yang berbuah dua ini menarik perhatian pemiliknya pak Arif yang langsung meminta Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung, Edy Suprapto, SH yang kebetulan sedang berkunjung ke kebun miliknya untuk mengabadikan nanas tersebut.

Menurut pak Arif, ini kali pertamanya saat panen pohon nanasnya mempunyai buah dua dalam satu pohon dari 100 pohon nanas yang ditanamnya.”Saya tidak menyangka kalau salah satu buah nanas yang ditanam, ada satu pohon yang kembar alias memiliki dua buah dalam satu pohon,” ungkanya.

Buah nanas yang ditanam merupakan bibit yang sama dengan 100 pohon lainnya. Namun buah nanas unik tersebut sepengetahuanya memang jarang ditemukan atau langka. Ini kali pertama kalinya panen buah nanas unik setelah menunggu selama lebih kurang 3 tahun untuk memanem buah nanas yang ternyata memiliki satu pohon yang berbuah dua (kembar).

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah di domestikasi di sana sebelum masa Colombus. Pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599). Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara. Tanaman ini kini dipelihara di daerah tropik dan sub tropik.

Buah nanas yang cantik memang memiliki segudang khasiat yang berguna bagi kehidupan manusia, diantaranya buah nanas mengandung banyak vitamin dan berfungsi sebagai tanaman obat. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Enzim bromelain dalam nanas berkhasiat untuk antiradang, membantu pencernaan di lambung, menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung