Rabu, 15 September 2010 09:24

SIDAK SPRITUAL ALA WABUP BERLANJUT

Tanjungpandan—Setelah melaksanakan kegiatan sidak (inspeksi mendadak) pada hari pertama kerja pasca libur lebaran, hari ini Rabu, Tanggal 16 September 2010 sekitar pukul 10.00 WIB seusai menghadiri acara HUT Pramuka ke-49, Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos kembali melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi beberapa Dinas/Instansi di Lingkungan Pemkab Belitung.

Sidak pertama dilakukan di Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan. Dari hasil sidak diketahui sebanyak 4 orang pegawai yang cuti, cuti bersalin 1 orang, izin belajar 1 orang dan izin lainnya sebanyak 5 orang. Adapun total pegawai sebanyak 126 orang yang terdiri dari PNS sebanyak 101 orang dan CPNS sebanyak 25 orang, sedangkan untu tenaga honorer dan PPL sebanyak 31 orang.

Dalam kesempatan ini Wabup juga sempat bertatap muka dan bersilaturahmi dengan para pegawai di lingkungan Dinas Pertanian dan Kehutanan. Wabup berharap agar moment Hari Raya Idul Fitri ini dapat mengembalikan kita pada hati yang bersih dan fitrah tentunya fitrah dalam artian yang sebenarnya, dan hal ini seyogyanya dapat diterapkan pada pelaksanaaan tugas dan kewajiban kita sebagai pelayan masyarakat, salah satunya melalui penerapan disiplin dalam hal ini menyangkut kehadiran dan absensi selama melaksanakan tugas.

Selanjutnya perjalanan sidak Wabup berlanjut ke Dinas Pertambangan dan Energi. Sebanyak 32 pegawai yang hadir dan mengisi daftar absen, sedangkan 2 orang dinyatakan cuti dan 1 orang izin. Namun ada satu pegawai yang hadir namun tidak mengisi daftar hadir.

Sidak kembali berlanjut ke Dinas Perikanan dan Kelautan. Dari hasil sidak diketahui bahwa dari 50 jumlah pegawai yang ada sebanyak 5 orang pegawai yang hadir namun tidak mengisi absen, sedangkan 1 orang tidak hadir tanpa keterangan.

Diakhir perjalanan sidak hari ini, saat mengunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Wabup sempat bertemu dan bersilaturahmi dengan pemusik kondang Erwin Gutawa dan anaknya Gita Gutawa yang kebetulan saat itu sedang mampir guna mencari informasi lebih jauh mengenai musik dan lagu khas Belitung.

Menurut Erwin, kedatangannya ke Belitung atas rekomendasi Mira Lesmana, sang produser Flim Laskar pelangi dan Sang Pemimpi, hal ini juga terkait dengan rencana pembuatan drama musikal Laskar pelangi. “Kebetulan lagi libur, jadi kami langsung bertandang ke Belitung, sekalian ingin mencari informasi lebih jauh tentang kesenian dan musik khas Belitung,” ungkapnya.

Sementara Wabup menyambut baik kedatangan Erwin dan Gita ke Belitung, tak lupa Wabup juga bercerita tentang budaya dan kesenian khas Belitung, salah satunya tentang penyelenggaraan acara ritual maras taun yang digelar setiap bulan April. Sekilas Wabup juga menyinggung mengenai pelaksanaan Sail Belitung yang akan digelar pada Tahun 2011 mendatang.

“Pada bulan Oktober tepatnya Tanggal 10 s.d 15 Oktober 2010 mendatang juga ada event Sail Indonesia yang akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya khas Belitung, ungkap Wabup.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung