Senin, 20 September 2010 14:09

POTENSI WISATA BELITUNG GO TO JAPAN

Tanjungpandan --- “Sebagai masyarakat Belitung patutnya kita berbangga hati akan segala sesuatu yang ada di Belitung. Dengan segala potensi wisata yang ada sesungguhnya Belitung merupakan pulau yang diberkati oleh Tuhan,” ucap Anggie salah satu staf di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belitung dalam menanggapi rencana Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein ke Jepang untuk mempromosikan Belitung.

Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata memberi kesempatan kepada Pemkab Belitung bersama tiga daerah lain untuk mempresentasikan pariwisata daerah dalam acara Japan Assosiation Travel Award (JATA) 1020 di Tokyo, Jepang, 25 September 2010.

Bupati Belitung, Darmansyah Pada Harian Pagi Pos Belitung 20 September 2010 mengatakan “Agenda kita di Jepang tanggal 25 sekaligus mengunjungi Paviliun Indonesia di Tokyo”.

Belitung mendapatkan kesempatan pertama mempresentasikan pariwisata daerahnya. Tiga daerah lainnya adalah Jawa Tengah (Borobudur dan Prambanan), Nusa Tenggara Timur (Komodo), Sumatera Barat (Raja Ampat).

Promosi pariwisata Belitung ke Jepang ini sangat menguntungkan dalam rangka menarik minat wisatawan Jepang ke Belitung. Selama ini hanya Bali yang banyak dilirik oleh wisatawan Jepang. “yang hadir sebagian besar adalah tour-tour operator. Kita kasih mereka alternatif tour selain di Bali, ada sesuatu di Belitung, “ jelas Bupati.

Selain wisata pantai, Bupati akan mempromosikan paket wisata petualangan yang menggunakan area pegunungan dan mempresentasikan tentang kemudahan akomodasi perjalanan ke Belitung dari Tokyo.

Menurut Darmansyah, pantai Belitung sangat cocok bagi sebagian wisatawan Jepang yang berusia lanjut. Gelombang laut yang tenang serta lokasi diving dan snorkling yang tak jauh dari pantai dinilai sangat diminati operator pariwisata untuk menyajikan paket perjalanan wisata bagi lansia karena faktor keselamatan serta tidak membuang banyak waktu dalam perjalanan.


Sumber: Pos Belitung