Jum'at, 24 September 2010 13:51

PENDERITA HIV/AIDS TERUS MENINGKAT

Pangkalpinang --- Salah satu penyakit yang harus kita waspadai adalah HIV/AIDS. Sebagaimana kita ketahui bahwa terjadi peningkatan penderita HIV di Indonesia ini, tak terlepas Bangka Belitung. Menurut data yang kami dapat pada Harian Pagi Pos Belitung, edisi Jum’at, Tanggal 24 September 2010 menyebutkan bahwa sejak Tahun 2005 hingga 2010 di Babel tercatat sebanyak 219 kasus HIV, dan untuk kasus AIDS dari tahun 2002 hingga 2010 terdapat sebanyak 125 kasus.

Dari jumlah tersebut, ternyata daerah yang paling banyak kasus HIV adalah Kota Pangkalpinang yang terdiri dari, sebanyak 21 kasus, Kabupaten Bangka 4 kasus, Kabupaten Belitung 7 kasus dan Kabupaten Belitung Timur 2 kasus.

Kasi Penyakit Menular P2PL Dinkes Babel Hastuti, mengatakan “Sebagian besar penderita HIV/AIDS adalah pekerja seks komersial (PSK)”. Pada tahun ini kasus HIV tercatat sebanyak 34 kasus dan AIDS 3 kasus di Bangka. Dari 34 kasus, 20 kasus diderita perempuan, yang artinya perempuan lebih rentan terkena HIV dibandingkan laki-laki” lanjut Hastuti.

Selanjutnya Hastuti menghimbau, bagi mereka yang merasa memiliki resiko tertular HIV/AIDS ada baiknya memeriksakan diri ke rumah sakit penyedia layanan HIV/AIDS. Hastuti merekomendasikan beberapa klinik penyedia layanan ini seperti di Klinik Tulip RSUD Depati Hamzah, Poli Melati RSUD Sungailiat dan Klinik Sakura RSUD Belitung.

Mulyono Susanto selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mengatakan, khusus untuk penderita HIV masyarakat semestinya tidak perlu menjauhinya karena yang perlu dihindari adalah virusnya. Karena orang yang dekat atau tinggal serumah dengan seorang pengidap HIV belum tentu tertular dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat pun tidak perlu khawatir jika bersalaman dengan penderita, yang penting jangan sampai adanya kontak darah dan melakukan hubungan seksual.


Sumber: Pos Belitung