Kamis, 30 September 2010 03:55

WABUP BUKA PERTEMUAN ANGGOTA KPA BELITUNG

Tanjungpandan--Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Komisi Penanggulang AIDS (KPA) Kabupaten Belitung menggelar Pertemuan Anggota KPA Kabupaten Belitung yang dibuka oleh Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos pada Senin, Tanggal 27 September 2010 bertempat di Ruang Rapat Setda Kabupaten Belitung.

Sekretaris Komisi Penanggulang AIDS (KPA) Kabupaten Belitung, Rosmaida Simamora, S.IP dalam laporannya menyampaikan latar belakang diadakannya pertemuan ini dikarenakan perkembangan penyakit HIV AIDS yang sangat cepat, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurut data yang diperoleh pada tahun 2009, penderita HIV AIDS Provinsi Babel menduduki urutan ke-7 dari 33 Provinsi di Indonesia dengan jumlah penderita mencapai 124 orang dan yang meninggal sebanyak 33 orang.

Selanjutnya Rosmaida menjelaskan ada tiga cara penularan HIV AIDS yaitu melalui hubungan intim (seksual), melalui narkoba, jarum suntik dan tranfusi darah serta penularan dari ibu ke anak.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh S.Sos dalam sambutannya menyampaikan pembangunan yang dilaksanakan saat ini, dengan mobilitas penduduk yang tinggi dari luar dan keluar daerah serta letak strategis wilayah yang kita miliki, langsung maupun tidak langsung menyebabkan tingginya tingkat interaksi masyarakat sehingga tidak sedikit pula efek yang mungkin ditimbulkan. Salah satunya terkait dengan penyebaran HIV AIDS.

Untuk itu ditambahkan Wabup, melalui pertemuan ini diharapkan bisa menyatukan visi dan langkah bersama untuk membuat program penanggulangan HIV AIDS yang tepat sehingga dapat mengurangi jumlah penderita HIV AIDS yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Turut hadir dalam pertemuan ini, unsur muspida, Kepala Dinas/ Badan/ Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Para Camat, Wakil Ketua PKK Kabupaten Belitung serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung