Kamis, 30 September 2010 09:59

GELAR DATUK PANGLIME UNTUK DARMANSYAH

Tanjungpandan — Kerajaan Badau akan menganugerahkan gelar Datuk Panglime Batin Badau kepada Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein. Penganugerahan gelar itu rencananya akan dilaksanakan pada momentum Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB) di Jakarta pada 24 Oktober 2010 mendatang.

Rencana ini disampaikan ahli waris Kerajaan Badau AD Nanto Saputra, ketika bersilaturahmi dengan Ir H Darmansyah Husein di ruang kerjanya, Rabu (29/9). Dia didampingi Raja Badau Johar Djuki bergelar Datuk Mayang Gersik ke-X, Kepala Desa Badau Syahril, Camat Badau Drs Suksesyadi, M.Si, dan dua kerabat Kerajaan Badau lainnya yakni dan Bastiariyanto dan Abu Hasan Dul.

Menurut AD Nanto Saputra, pemberian gelar kepada tokoh masyarakat Balitung diputuskan dalam musyawarah keluarga Kerajaan Badau, Sabtu (18/9). Selain Ir H Darmansyah Husein, rencananya gelar Datuk Panglime Batin Badau juga akan diberikan kepada tokoh masyarakat Belitung lainnya yang akan ditetapkan kemudian.

Disamping pemberian gelar, jelas AD Nanto Saputra, musyawarah juga mengukuhkan Johar Djuki sebagai Raja Badau bergelar Datuk Mayang Gersik ke-X. Rencananya, bersama kerabat Kerajaan Badau, Datuk Mayang Gersik ke-X akan menghadiri Halal Bi Halal IKMB di Jakarta pada 24 Oktober 2010 mendatang.

Ir H Darmansyah Husein menyambut baik rencana pemberian gelar oleh Kerajaan Badau kepada tokoh masyarakat Belitung termasuk dirinya. Namun dia mengingatkan agar pemberian gelar tersebut dilakukan secara hati-hati sehingga tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik atau komersil.

”Kriterianya harus jelas, latar belakang sejarah atau historical backgroundnya apa,” ujar Darmansyah. Disamping itu Bupati juga menyarakan pemberian gelar tersebut dikoordinasikan dengan Lembaga Adat Kabupaten Belitung, sehingga makna gelar yang diberikan juga dirasakan dan diapresiasi di luar lingkungan Kerajaan Badau.

Hadir mendampingi Bupati, Asisten I Bidang Pemerintahan B Maiya Hasibuan, SH, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida,  Kabag Tata Pemerintahan Drs Sunardi, M.AP, dan Kabag Humas Edy Suprapto, SH. (syafei)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung