Kamis, 7 Oktober 2010 03:49

SAIL BELITONG 2011 TAWARKAN BERAGAM KEUNTUNGAN BAGI BELITUNG

Tanjungpandan---Dalam upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata Belitung yang semakin menggeliat, pelaksanaan Sail Belitong 2011 di nilai dapat memberikan banyak keuntungan untuk Belitung. Oleh karenanya Provinsi Kepuluan Bangka Belitung optimis untuk menyukseskan ajang Sail Belitong ini pada Tahun 2011 mendatang.

Pelaksanaan Sail Belitong 2011 ini akan dibiayai APBN dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal ini tentunya akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Belitung. Penyelenggaraan Sail Belitong juga telah diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres), sehingga pada pelaksanaannya nanti akan melibatkan semua kementrian terkait.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Belitung Ishak Holidi, penggunaan nama Belitong dalam Sail Belitong 2011 membuat nama Belitong lebih familiar dikalangan para Yahcter yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu anggaran pusat sangat besar, kita bisa berbuat banyak hal untuk pelaksanaan acara dan kegiatan pada pelaksanaan Sail Belitong. “Ada akselerasi percepatan”, ungkapnya, seperti dilansir dari Harian Pos Belitung, edisi Rabu, Tanggal 6 Oktober 2010.

Selanjutnya kegiatan acara yang lebih menarik didalam pelaksanaan Sail Belitong, seperti lomba layar dari Singapura, kejuaraan catur di bawah air dan perlombaan lainnya yang dimungkinkan bisa dimasukkan dalam daftar Guiness Book of Record akan sangat membantu mengangkat nama Belitung di rana internasioanal.

Menyangkut program Sail Indonesia yang sudah berlangsung maupun akan berlangsung pada 10 s.d 15 Oktober 2010 mendatang serta Sail Belitong 2011 diyakini bisa menegaskan serta mewujudkan citra Belitung untuk dijadikan destinasi wisata setelah Bali dan Nusa Tenggara, seperti yang pernah dilontarkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik saat berkunjung ke Belitung.

Lebih lanjut Ishak menilai dalam penyelenggaraan Sail Indonesia Pemkab Belitung sudah berpengalaman dalam mengemas pelaksanaan Sail Indonesia sejak 2007 lalu dan kegiatan tersebut terus berlanjut dari tahun ke tahun. Oleh karenanya, Ia berharap  Pemkab Belitung selaku panitia penyelenggara agar dapat mengevaluasi dalam upaya memaksimalkan penyelenggaraan Sail Indonesia 2010.

Selain itu program evaluasi pelaksanaan Sail Indonesia terdahulu juga harus menjadi perhatian bagi seluruh pihak terkait agar pelaksanaan sail sebagai ajang promosi pariwisata Belitung dapat lebih terkoordinir dengan baik dan berjalan maksimal.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung