Jum'at, 8 Oktober 2010 11:58

FAHDA DAN NAYLA RAIH JUARA PERTAMA LOMBA BALITA TINGKAT KABUPATEN

Tanjungpandan—  Bupati Belitung, Ir. H. Darmasnyah Husein menutup Lomba Balita Sejahtera Indonesia Tingkat Kabupaten Belitung, Kamis, 7 Oktober 2010 di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. Fahda Rinatri asal Desa Kembiri Kecamatan Membalong ditetapkan sebagai juara pertama dengan nilai 15225 point untuk katagori kelompok umur 2-5 Tahun.

Sedangkan Juara Pertama untuk kelompok umur 6-24 Bulan dimenangkan Nayla Salsabila asal Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan dengan nilai 1296.5 point. Para memenang mendapatkan hadiah berupa piagam, tropi dan hadiah menarik lainnya. Selain itu pemenang juara pertama juga dicalonkan sebagai peserta lomba Balita Sejahtera Indonesia Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebanyak 10 orang peserta yang terdiri dari lima orang peserta kelompok umur 6-24 bulan dan kelompok umur 2-5 tahun ini berasal dari pemenang lomba balita sejahtera tingkat kecamatan, seperti yang dikatakan Kelapa Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Dr. Wiryati Husin dalam laporannya.

Selanjutnya Wiryati menjelaskan beberapa juri yang menjadi tim penilai lomba ini antara lain Dokter Gigi, Perawat Gigi, Bidan dan Psikolog. Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan tim penilai yakni pertama fisik yang sehat dan kuat dengan berat dan tinggi yang proposional, imunisasi yang lengkap, memiliki kartu menuju sehat serta kunjungan ke posyandu. Sedangkan kriteria yang kedua adalah perkembangan psikologis balita, perkembangan psikologis anak serta kepandaiannya.

Sementara itu dalam kesempatan ini juga Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya menyampaikan generasi sehat dan cerdas adalah investasi berharga yang harus dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya sehingga dapat tumbuh kembang dengan sempurna dan dapat meraih cita-cita.

Bupati berharap melalui lomba balita sejahtera ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat terutama bayi dan balita serta dapat memberikan motivasi bagi orang tua kader dalam memantau tumbuh kembang balita. Lebih jauh Bupati juga berharap dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua serta masyarakat dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal.

Turut hadir dalam acara ini Ptl Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Belitung, Ketua PKK Kabupaten Belitung, Para Peserta Lomba serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung