Senin, 11 Oktober 2010 02:04

SAIL INDONESIA 2010 SUGUHKAN BERAGAM KEGIATAN MENARIK

Tanjung Kelayang - Geliat Pelaksanaan event bergengsi Sail Indonesia yang merupakan salah satu event pendukung pengembangan pariwisata Belitung sebagai daerah destinasi persinggahan para yachter kembali digelar tahun ini, tepatnya dimulai pada Minggu, Tanggal 10 Oktober 2010 hingga Sabtu, Tanggal 15 Oktober 2010.

Menjelang pelaksanaan Sail Indonesia 2010 berbagai persiapan terus diupayakan panitia demi kelancaran dan kuseksesan acara, mulai dari atribut pendukung seperti spanduk, umbul-umbul, baleho mulai terjejer rapi di sepanjang jalan menuju Pantai Panjung Kelayang yang merupakan lokasi utama pelaksanaan acara puncak digelar.

Tak ketinggalan fasilitas pendukung acara seperti pusat pelayanan informasi, panggung utama, tenda dan stand pameran mulai dipersiapkan, ditambah fasilitas seperti areal WC, shower, posco kesehatan, serta fasilitas dan pelayanan lainnya yang menjadi kebutuhan para yachter telah dipersiapkan panitia demi kelancaran acara.

Memasuki hari pertama pelaksanaan Sail Indonesia 2010 pada Minggu (10/10), kepadatan pengunjung mulai terlihat disepanjang pantai Tanjung Kelayang, antusias masyarakat untuk menyaksikan langsung event ini masih relatif sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Event ini memang cukup menarik minat masyarakat Belitung yang ingin melihat langsung aktivitas para yachter dan menikmati sungguhan acara yang ditampilkan sebagai salah satu upaya pemkab Belitung yang harus senantiasa didukung untuk memajukan geliat pariwisata Belitung yang kini mulai bangun dan beranjak maju ke depan.

Data terakhir menyebutkan hingga hari ini sebanyak 38 kapal para yachter telah sampai ke perairan pantai Tanjung Kelayang. Semula pada Jum’at siang (8/10) sedikitnya masih terdapat 18 kapal yachter yang telah berlabuh di Tanjung Kelayang.

Namun ada juga beberapa para Yachter yang bukan peserta Sail Indonesia 2010, namun mereka sengaja berkunjung ke Belitung dikarenakan para yachter internasional sudah  cukup mengenal titik labuh koordinat Pantai Tanjung Kelayang serta mendapat rekomendasi rekan-rekannya yang telah lebih dulu mengunjungi Belitung.

Untuk tahun 2010 ini schedule kegiatan Sail Indonesia 2010 masih tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hanya saja pada tahun ini terdapat beberapa penambahan acara seperti halnya city tour ke Belitung Timur yang rencananya akan berlangsung pada Senin (11/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Berbagai kegiatan mulai dari Penanaman terumbu karang, lomba mancing, antu bubu dan hiburan khas daerah akan turut meramaikan kemeriahan penyelenggaraan Sail Indonesia 2010 hingga Sabtu (15/10) mendatang.

Rencananya pada Senin (11/10) aktivitas pelaksanaan Sail Indonesia 2010 akan  diawali dengan kegiatan Planting Coral Seeds atau dikenal dengan kegiatan penanaman terumbu karang dan Adapted Father of Turtle yang dikoordinir oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB).

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelestarian terumbu karang yang merupakan rangkaian kegiatan sail Indonesia 2010 sebagai gerakan kepada masyarakat untuk tidak merusak terumbu karang dan pelestarian penyu sebagai upaya untuk melestarikan kehidupan biota laut dalam jangka panjang.

Sebelum beranjak menuju Kabupaten Belitung Timur, para yachter akan diajak mengunjungi museum Badau yang berjarak kurang lebih sekitar 29 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan untuk melihat sejarah peninggalan kerajaan Badau yang menyimpan beberapa peninggalan kekayaan kebesaran Kerajaan Badau sebagai salah satu warisan sejarah Belitung.

Tak ketinggalan kesenian khas daerah seperti halnya beripat beregong dan kuda lumping juga ikut menjadi suguhan menarik untuk para yachter yang ingin mengenal lebih jauh mengenai beragam kebudayaan yang ada di Belitung.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung