Senin, 11 Oktober 2010 02:06

SAIL INDONESIA 2010 ROAD TO SAIL BELITONG 2011 BELITUNG SIAP JADI TUAN RUMAH YANG BAIK

Tahun ini, Belitung kembali terpilih sebagai daerah destinasi Sail Indonesia yang keempat kalinya bersama dengan 15 daerah lainnya, di seluruh Indonesia. Sebelumnya Tahun 2007, 2008 dan 2009 Belitung juga sukses menggelar Sail Indonesia. Bahkan beberapa pejabat penting negara sempat hadir pada promosi akbar pariwisata tersebut. Pelaksanaan Sail Indonesia di Belitung mendapat antusiasme yang besar dari berbagai kalangan. Khusus pada Tahun 2007 dan 2008 Sail Indonesia di Belitung kedatangan tamu kehormatan yaitu Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan (2007) dan Presiden RI yang diwakili Bapak Menteri Perhubungan (2008). Pada Tahun 2009 Belitung mengundang seluruh kabupaten/kota destinasi Sail Indonesia untuk bersama-sama menghadiri Sail Indonesia yang juga diangkat sebagai Farewell Point (Destinasi Perpisahan), bertempat di Pantai Tanjung Kelayang-Desa Keciput-Sijuk.

Kesuksesan Belitung sebagai titik destinasi terbaik kedua pilihan majalah rally internasional (terfavorit dua) menjadikan Belitung semakin percaya diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tahunan ini. Tidak hanya itu, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein pun dipilih secara aklamasi oleh seluruh kepala daerah destinasi Sail Indonesia dan ditetapkan sebagai Ketua Panitia Sail Indonesia Periode 2010-2015 pada pertemuan di Marina Ancol Jakarta bulan Februari 2010 lalu.

Salah satu misi dari pelaksanaan Sail Indonesia adalah menjadikan Belitung sebagai destinasi wisata nasional secara umum dan menjadikan Belitung sebagai destinasi wisata bagi Jakarta, dan kota besar lainnya di masa mendatang. Mengingat letaknya yang sangat strategis dalam posisi silang. Lebih jauh, Sail Indonesia 2010 di Kabupaten Belitung yang tahun ini penyelenggaraannya juga melibatkan Belitung Timur, merupakan agenda tahunan yang kita harapkan mampu memberi arti, bagi percepatan pembangunan di berbagai sektor ekonomi penting di Kabupaten Belitung.

Sail Indonesia 2010 adalah satu moment penting menuju Sail Belitong 2011, bersama dengan Sail Lombok dan Sail Morotai. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk menunjukkan kepada dunia internasional, bahwa kita siap menjadi destinasi wisata utama dunia, selain Bali dan Lombok yang telah dikenal luas. Harapan kita semoga Sail Indonesia bisa menjadi icon nasional untuk pengembangan wisata bahari nasional, khusus dalam hal wisata layar/yachting.

Sail Indonesia 2010 mulai bergerak dari Darwin sejak 24 Juli yang lalu. Kupang, Rote, Alor, Lembata, Sikka, Ende, Nagekeo, Labuan Bajo, Lombok Utara, Bali Utara, Karimun Jawa, Jakarta, Banjarmasin, Kotawaringin adalah titik destinasi yang dilewati para yachter dunia. Terakhir, para yachter akan berlabuh di Kabupaten Belitung, Tanggal 10 hingga 15 Oktober 2010.
Keunikan pariwisata bahari, pencanangan Belitung sebagai destinasi wisata unggulan, keunikan pantai, keindahan perairan terumbu karang Pulau Belitong, kekayaan BMKT, budidaya kerapu dan rumput laut adalah daya tarik Belitong sehingga tahun depan kembali akan di gelar “Sail Belitong 2011”. Karena itu, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein beserta Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S. Sos mengajak kepada seluruh masyarakat Belitung dan juga Belitung Timur untuk mendukung dan menyukseskan  Sail Indonesia 2010 dengan menjadi tuan rumah yang baik, ramah, serta berbudaya  santun. Sudah saatnya dunia mengenal Belitong yang kita cintai, pulau nan eksostis dan sangat luar biasa. (Humas)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung