Selasa, 12 Oktober 2010 02:03

KAPAL LAYAR RALLY SAIL INDONESIA 2010 TERUS BERTAMBAH

(TANJUNGPANDAN),Memasuki hari ketiga pelaksanaan Sail Indonesia 2010, pantauan Humas Pemkab Belitung terdapat 53 Kapal Layar dari berbagai negara yang berlabuh di Tanjung Kelayang. Artinya, jumlah ini terus bertambah dibandingkan hari pertama pelaksanaan Sail Indonesia. Seluruh kapal layar tersebut mengibarkan bendera merah-putih bendera Indonesia sebagai tanda bahwa mereka merupakan partisipan Sail Indonesia 2010. Hal ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena biasanya peserta sail Indonesia selalu mengibarkan masing-masing bendera negaranya.

Bila kemarin, Senin 11 Oktober 2010, peserta Sail Indonesia melakukan lawatan wisata ke Beltim. Maka hari ini hingga terakhir 15 Oktober seluruh kegiatan dilakukan di Tanjungpandan dan Tanjung Kelayang. Tepatnya hari ini, sekitar Pukul 09.00 WIB. Bupati Belitung akan membuka festival layang-layang yang diramaikan dengan beragam pertunjukan seni tradisional bertempat di Tanjung Kelayang. Peserta sail Indonesia dipastikan pula akan mengunjungi museum geologi Tanjungpendam lalu bertolak ke rumah adat dengan menggunakan sepeda onthel guna mengikuti acara makan siang bersama yang dikenal dengan istilan Makan Bedulang.

Makan bedulang ini terlebih dahulu akan diawali dengan prosesi penyambutan dan sekapur sirih dengan diiringi iringan musik keroncong. Sore harinya, seluruh rangkaian kegiatan akan berlanjut dengan perjalanan ke tirta marundang untuk berenang  dan kembali ke Tanjung Kelayang malam harinya untuk beristirahat dan menikmati pertunjukkan lainnya.

Kepada Humas Pemkab Belitung, Raymond T. Lesmana bersama istinya Ibu Dewi selaku ketua Yayasan Cinta Bahari Antar Nusa (YCBAN), mengatakan bahwa tahun ini peserta Sail Indonesia yang singgah di Belitung lebih banyak dibandingkan tahun kemarin yang hanya berjumlah 30 kapal. Untuk itu, YCBAN pada malam jamuan makan besok akan memberikan kejutan-kejutan kepada para peserta Sail Indonesia. Mengenai apa dan bagaimana kejutan itu, tunggu saja besok malam siapapun anda dapat mengetahui dengan datang langsung ke Tanjung Kelayang atau ikuti terus beritanya hanya di website yang satu ini. *** (Zakina)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung