Selasa, 12 Oktober 2010 02:05

PULAU KEPAYANG ALTERNATIF WISATA BARU DI BELITUNG

Tanjungpandan—Keberadaan Pulau Kepayang yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan speedboat dari Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk memang kini mulai dilirik dan dikenal para pelancong baik nasional maupun internasional.

Pulau kepayang dapat menjadi alternatif wisata baru bagi para pelancong yang ingin menikmati suasana berlibur ala pantai dengan sungguhan pemandangan nuansa laut membiru yang dihiasi bebatuan indah ditambah ketersediaan beberapa cottage/tempat bermalam termasuk suguhan acara yang biasanya disediakan untuk menghibur para pelancong menikmati nuansa liburan di pinggir laut.

Pulau Kepayang memiliki luas sekitar 14Ha dimana 2Ha dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB) dengan fasilitas yang telah tersedia diantaranya, kamar, cottage, toilet dan aula. Orang yang berkunjung ke pantai ini dapat berwisata sambil belajar lebih banyak mengenai pelestarian penyu, membuat media tanam karang hingga belajar terjun langsung melepas penyu dan menanam karang di laut

Masih dalam suasana penyelenggaraan Sail Indonesia 2010, besok Pulau Kepayang akan ramai dikunjungi wisatawan yang memang sudah konfirmasi untuk berkunjung dan berwisata kesini. Sebelumnya memang banyak para wisatawan baik domestik maupun internasional yang bermalam disini, ungkap Budi Setiawan selaku Ketua KPLB.

Selain beristirahat dan menikmati suguhan wisata pinggir laut, disini para pelancong juga dapat belajar dan mengenal lebih jauh tentang konservasi terumbu karang dan penyu. Tempat ini memang dikhususkan sebagai kawasan wisata konservasi, pusat penelitian dan pembelajaran, tambah Budi saat tim humas bersama rekan kru SCTV berkesempatan mengunjungi Pulau Kepayang, pada Senin (11/10).

Pulau Kepayang memang memiliki daya tarik yang dapat menambah alternatif wisata yang dapat mengangkat nama Belitung menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Hal ini tentunya dapat menjadi perhatian kita  bersama, baik Pemkab Belitung maupun masyarakat setempat untuk senantiasa mendukung pengembangan pariwisata yang berfokus pada pelestarian lingkungan agar terbentuk kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya menjaga serta melestarikan lingkungan.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung