Rabu, 13 Oktober 2010 04:18

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA PERLU TERUS DIBINA

Tanjungpandan — Agama merupakan salah satu hak asasi manusia yang paling mendasar dan sensitif. Interaksi antar warga masyarakat yang berbeda agama perlu dibina terus menerus secara arif dan bijaksana, agar hubungan antar umat beragama dapat terjalin harmonis dan kondusif.

Atas dasar pemikiran itulah Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, kembali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Belitung.

Pembinaan dan evaluasi berlangsung Selasa (12/10) hingga Rabu (13/10) di Gedung Wanita Tanjungpandan, diikuti 260 peserta dari Kecamatan Tanjungpandan, Sijuk, Badau, Membalong dan Selat Nasik. Selain unsur pemuka agama (Islam, Kristen, Budha, Khonghucu, dan Hindu), peserta juga berasal dari guru agama SD dan SMP, Kasi Kesos Kecamatan dan Kelurahan, Kaur Kesra Desa, dan Penyuluh Agama Kantor Urusan Agama (KUA).

Hadir sebagai narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Drs H Imam Safei, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Belitung Letkol CHB (purn) Faisal Madani, dan anggota DPRD Kabupaten Belitung Drs Suhardi.

Kepala Bidang Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Rekonsiliasi Sosial Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Belitung, Lukmanul Hakim, dalam laporan tertulis yang dibacakan oleh Ansorini, BA pada acara pembukaan kegiatan mengatakan, maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan pengertian dan penjelasan kepada masyarakat akan arti dan pentingnya kerukunan umat beragama khususnya di Kabupaten Belitung.

”Tujuannya, agar tercipta suasana keharmonisan hubungan antar umat beragama yang berdampak pada keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Lukmanul Hakim.

Bupati Belitung dalam sambutan pembukaan yang dicakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Helman, SH mengajak pemuka agama di Kabupaten Belitung untuk bersatu padu menciptakan hubungan antar umat beragama yang harmonis, agar kehidupan beragama di daerah ini berjalan tenteram dan kondusif.

Hadir pada acara pembukaan antara lain Ketua DPRD Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Fahrul Watoni, SH dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Belitung Hendro Gupito, SH. (syafei)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung