Jum'at, 15 Oktober 2010 01:19

YACHTER INGIN LEBIH DEKAT DENGAN MASYARAKAT

(Tanjungpandan). Sail Indonesia 2010, dua hari lagi berakhir pelaksanaannya di Kabupaten Belitung. Karena itu, semalam Bupati Belitung, Ir.H. Darmansyah Husein mengundang para pelaut kapal rally layar (yachter) untuk dapat hadir dalam gala dinner bersama dengan tamu undangan lainnya.

117 yachter dari 57 kapal layar yang berasal dari 20 negara di seluruh benua hadir pada jamuan makan malam tersebut. Ini berarti peserta Sail Indonesia tahun ini adalah peserta terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berbagai menu masakan Indonesia dan Belitung disajikan kepada para tamu. Suasana gala dinner juga turut dimeriahkan dengan penampilan tari tor-tor Ikaba yang menuntut para tamu undangan dan yachter  menari bersama sehingga membuat suasana malam di Pantai Tanjung Kelayang kian semarak.

Tampaknya para yachter sangat terhibur. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa sejujurnya mereka tidak suka dipisahkan dengan masyarakat sekalipun dalam acara dinner semacam ini. Mereka lebih senang bila bercampur baur dengan masyarakat. Karena itu, mereka ingin agar ada acara-acara yang memang bisa membuat mereka merasa satu dengan masyarakat Belitung. Dengan demikian persaudaraan dan kebersamaan dalam perdamaian dapat dirasakannya. “Ke depan, yachter berharap agar mereka dapat mengenal lebih dekat masyarakat Belitung melalui acara yang digelar, “terang Raymond T. Lesmana sebagai event organizer Sail Indonesia 2010.

Pernyataan yang sama juga diuangkapkan oleh Rush, yachter berkewarganegaraan Australia. Dirinya berharap agar tahun depan dia dan istrinya dapat kembali hadir pada Sail belitong 2011 dan bisa mengenal lebih dekat lagi mayarakat belitung melalui aktivitas seni, sosial dan budaya sehingga tidak merasa asing di tengah-tengah masyarakat. “Kami bukanlah aktor atau artis jadi akan lebih baik apabila kami menyatu dengan masyarakat, bukan seperti antara bintang film dengan penonton”, papar Rush.

Sementera itu, Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya sebagai tuan rumah sangat berharap agar tahun depan para yachter dapat kembali mengunjungi Belitung dan menceritakan tentang keindahan pantai yang dimiliki Belitung kepada teman dan handai taulan karena mereka adalah duta wisata dan humas Belitung di manca negara.

Bupati pun memberikan apresiasi mendalam kepada para yachter yang telah berpetualang mengarungi lautan selama berbulan-bulan. “Kiranya kita semua sepakat kalau saya katakan bahwa Belitung adalah pulau yang sangat luar biasa dengan pantai berpasir putih serta laguna batu granit yang memukau karena saudara semua juga luar biasa, Salut-Bravo to all of you, partisipant of Sail Indonesia 2010”, puji Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein.*** (ZAKINA)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung