Jum'at, 15 Oktober 2010 04:15

DEMO MASAK BERSAMA SISCA SOEWITOMO

Tanjungpandan---Enam resep olahan istimewa dibuat secara khusus oleh pakar kuliner Sisca Soewitomo dalam acara seminar Cooking Demo with Sisca Soewitomo di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung pada Selasa, Tanggal 12 Oktober 2010.

Keenam resep tersebut diantaranya ikan, laksa seafood, sarden tongkol, sup ikan bening, muffin kukus dan kue tape gula merah. Resep pertama yang dibawakan adalah sarden tongkol dilanjutkan kelima resep dipraktekkan Sisca secara selang seling.

Resep-resep tersebut diperagakan dihadapan ibu-ibu, remaja putri dalam acara yang digelar atas kerjasama Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, PKK Kabupaten Belitung dan Harian Pagi Pos Belitung.

Tidak hanya mempraktikan resep masakan, Sisca juga memberikan tiga bumbu dasar untuk memasak yang bisa disimpan dan digunakan kapan saja, yaitu bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning dan bumbu dasar putih.

Sebelum demo masak digelar berlangsung  acara lomba demo masak kreativitas ikan tongkol. Lomba ini diikuti sebanyak lima peserta yang masing-masing terdiri dari dua orang yang diharuskan membuat masakan yang berbahan baku ikan tongkol. Hasil kreasi ini dinilai oleh juri yang terdiri dari, Sisca Soewitomo dan perwakilan PKK Kabupaten Belitung. Kriteria penilaian mencakup pemilihan bahan baku, kreativitas, kebersihan, penampilan dan citra rasa.

Adapun pemenang lomba masak kreasi ikan tongkol diantaranya, juara I diraih Zulianti/Sukarti dengan menu ikan tongkol asam pedas dan sejumlah menu pelengkap lainnya, juara II diraih Fatmawati/Sri Rusni dengan menu bakso ikan dan menu pelengkap lainnya, juara III Fera/Rosmida dengan menu tumis ikan tongkol daun kemangi dan menu pelengkap lainnya dan juara harapan I diraih Ny Maimunah/Sri Handayani dengan menu ikan tongkol bumbu sapit, seperti dilansir Harian Pos Belitung, Rabu, Tanggal 13 Oktober 2010.

Pakar kuliner merasa kagum dengan Pulau Belitung. Selain memiliki pemandangan yang indah, pulau ini juga memiliki hasil laut yang sangat banyak dan segar. “Belitung memiliki hasil laut yang sangat bagus. Tadi saya sudah lihat dipasar. Tinggal bagaimana kita membuat apa produknya, “ kata Sisca.

Demo masak ini diresmikan oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein. Usai demo masak, peserta diperbolehkan untuk mencicipi hasil resep yang telah dipraktekkan, dilanjutkan dengan pembagian sejumlah doorprize.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung