Jum'at, 15 Oktober 2010 04:16

YACHTERS KE TANJUNGPENDAM NAIK ONTHEL

Tanjungpandan—Pemandangan unik tampak disepanjang jalan Museum menuju kawsan Pantai Tanjung Pendam, tampak sederatan kelompok bule yang sedang asyik menganyuh sepeda onthel. Sebelumnya sederetan sepeda onthel ini memang sudah berderet dan terjejer rapi di Halaman Museum Pemkab Belitung.

Pemandangan sepeda ini tak ayal menggelitik rasa penasaran para bule yang langsung menghampiri deretan sepeda untuk melihat-lihat logo dan merk sepeda onthel tersebut dan mengabadikannya dengan kamera digital.

Naik onthel tampaknya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para yachter, karena kebiasaan ini jarang mereka lakukan sebelumnya, meski ada beberapa bule yang terlihat kesulitan saat mengendarai sepeda onthel, bahkan yang lainnya memilih naik bus. “Saya sudah lama sekali tidak naik sepeda. Naik sepeda terakhir sudah bertahun-tahun yang lalu “ ungkap salah satu Yachter sambil mengayuhkan kaki diatas pedal sepeda.

Star dimulai dari Museum Pemkab Belitung, dengan dikawal anggota Polres Belitung, yachter diajak berkeliling ke Jalan Pattimura, Jalan Saidan, Jalan Veteran, Boulevard Pusat Kota, Jalan Endek dan Pantai Wisata Tanjungpendam.

Tak hanya onthel, sepeda jenis low rider, city bike dan mountain bike (MTB) ikut serta bersepeda ria bersama para yachters. Sepanjang perjalanan yachters senantiasa melambaikan tangannya pada warga sekitar ditambah membunyikan lonceng yang terpasang pada handlebar sepeda onthel.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung